• 14 Juni 2024 23:04

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

In Harmony Clinic Kampanyekan Pentingnya Mencegah Kanker Serviks

LensaUtama.com – Saat ini tengah populer penyakit berbahaya dan mematikan bagi kaum wanita yang bernama kanker serviks. Diketahui dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebutkan bahwa jumlah penderita kanker serviks di Indonesia sejak tahun 2008 hingga 2017 mengalami peningkatan yang cukup memperihatinkan.

Meningkatnya jumlah penderita kanker terindikasi karena ada yang salah terhadap edukasi masyarakat tentang penyakit mematikan tersebut. Sementara itu pemerintah telah melakukannya dengan memberikan vaksin kanker seviks kepada anak-anak kelas 5 sekolah dasar secara gratis.

Atas dasar kepedulian akan pentingnya mencegah kanker serviks, In Harmony Clinic konsen terhadap kampanye memerangi kanker serviks agar kaum wanita Inndonesia bisa terhindar dari penyakit yang menjadi momok mengerikan.

Dalam acara Jakarta Marketing Week (JMW) 2017, In Harmony clinic memberikan seminar mencegah kanker serviks. Bertempat di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, dr Kristoforus HD, SpPD, Founder & Chief Executive Officer, Internist & Vaccinologist menjelaskan bahwa penyebab kanker serviks 99% oleh human papillovirus (HPV).

Virus HPV memiliki berbagai varian atau tipe dari yang jinak sampai ganas, nah yang ganas dapat menyebabkan kanker serviks adalah tipe 16 dan 18. Di Dunia, setiap 2 menit satu orang wanita meninggal dunia diakibatkan oeh virus ini, sedangkan di Indonesia sendiri tiap 1 jam wanita meninggal dunia karena kanker serviks.

Dr Kristo bersama In Harmony Clinic tak henti-hentinya mengingatkan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mencegah kanker serviks sejak dini yang salah satu caranya adalah dengan pemberian vaksinasi. Dengan memberikan vaksinasi, Anda akan terbentengi dari virus HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Vaksin dapat diberikan mulai usia 9 tahun, jika vaksinasi dilakukan pada usia tersebut dapat diberikan dua kali. Sedangkan jika vaksin dilakukan pada usia dewasa, vaksinasi dapat diberikan tiga kali.

Selain memberikan vaksinasi, cara berikutnya adalah melakukan skrining atau pemeriksaan serviks. Langkah ini sangat perlu dilakukan bagi wanita yang telah menikah ataupun belum menikah tapi pernah melakukan hubungan seksual. In Harmony Clinic juga terdapat fasilitas untuk pemeriksaan serviks, semakin dini seseorang mendeteksi kanker serviks semakin besar pula peluang untuk terselamatkan.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca