Sribulancer Catat Tenaga Pekerja Lepas di Indonesia Meningkat 16% dari Tahun Lalu

Advertisements
  • Dari data Sribulancer, perusahaan lebih tertarik untukmenggunakan tenaga pekerja lepas dalam menyelesaikan proyek

Lensautama.com – Sribulancer adalah sebuah platform teknologi yang menyediakan freelancer berkualitas untuk keperluan konten kreatif seperti desain grafis, videografi, fotografi, dan penulisan bagi bisnis menengah dan besar di dunia. Sribulancer berdiri sejak 2014 dan telah menyelesaikan 100,000+ pekerjaan untuk 15,000+ usaha kecil, menengah, dan besar.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada akhir 2018,sebanyak 56,8% masyarakat Indonesia saat ini bekerja di sektor informal, yang diiringi naiknya jumlah pekerja yang berwirausaha di Indonesia, termasuk pekerja lepas ataufreelancer.

Kemudian dari data BPS per Mei 2019, basis angkatan kerja di Indonesia tersedia sebanyak 136,18 juta orang, yang terdiri dari jumlah penduduk yang bekerjasebanyak 129,36 juta orang dan pengangguran sebanyak 6,82 juta orang. Dari 129,36juta pekerja tersebut, freelance mengambil porsi 4,55% atau berjumlah sekitar 5,89 jutaorang.

Centre of Reform on Economics (CORE) menilai fenomena freelancer ini memberikan dampak positif untuk perekonomian secara makro karena menciptakan lapangan kerja. Para freelancer bisa menjadi solusi keterbatasan lapangan pekerjaan dan kegiatan ekonomi yang produktif karena para freelancer tumbuh tanpa dibebani masalah ketenagakerjaan.

CORE juga menilai bahwa budaya freelance ini akan menjadi tren pekerjaan di masa yang akan datang. Generasi milenial yang juga lebih tertarik menjadi freelancer memiliki peluang yang luas untuk bekerja di kancah internasional dan membantu negara untuk meningkatkan devisa karena pekerjaan mereka memiliki ruang yang tidak terbatas untuk mengembangkan diri serta relasi kerja.

Sribulancer sebagai penyedia jasa freelance di Indonesia juga merasakan peningkatan jumlah penawaran maupun permintaan akan kebutuhan freelancer.

Sejak 2014, Sribulancer sebagai produk dari PT. Sribu Digital Kreatif telah membantu banyak kebutuhan jasa freelance dalam memproduksi konten digital dan sudah menjadi salah satu platform freelancer terbesar di Indonesia. Sribulancer telah membantu meningkatkan taraf hidup 50,000+ dengan menyalurkan 100,000+ pekerjaan dari platformnya.

Di era yang serba digital, bisnis besar maupun perusahaan dan pelaku UMKM semakin sadar akan pentingnya strategi pemasaran digital dalam menciptakan peluang bisnis sehingga permintaan atas keahlian khusus yang disediakan Sribulancer seperti desain, pengembangan web dan aplikasi, pemasaran digital, penulisan kreatif, fotografi dan videografi, entri data, serta jasa lainnya cukup tinggi dan terus meningkat.

Perusahaan pun merasa bahwa kebutuhan pekerjaan ini bukanlah suatu kebutuhan yang rutin atau pekerjaan yang hanya dibutuhkan sewaktu-waktu sehingga merekrut freelancer adalah pilihan yang tepat bagi perusahaan karena sangat menekan biaya pengeluaran.

Di sisi lain, jam kerja yang fleksibel dan pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja menjadi daya tarik utama dalam menjadi freelancer.

.

Lanjut Halaman 2


Komentar pembaca