• 29 Maret 2024 19:30

Oli Motor Bardahl Sukses Uji Tempuh Pengendara Motor hingga 10 Ribu Kilometer

ByGladis Zahra

Apr 3, 2017
Oli Bardhal produk asli Amerika

Lensautama.com  Melalui perjalanan sejauh 10.000 km tanpa ganti oli, PT Anugerah Lubricant Indonesia (ALI) yang kini dipercaya memegang merek pelumas Bardahl di Indonesia, berhasil unjuk kemampuan produk Oli nya “BARDHAL”. Pengujian perjalanan dilakukan oleh komunitas motor Yamaha NMAX Riders (NR) dengan mengisi oli Bardahl Scooter Moto 4 plus SAE 5W-30. 15 penunggang Yamaha NMAX menempuh rute pengujian Jakarta menuju Lombok dan kembali lagi ke Jakarta, kemudian langsung  menuju Sabang. Oli asal Amerika yang mempunyai kandungan additive Carbon 60 ini digunakan pengendara NMAX sejauh 10.000 km tanpa penggantian pelumas. Selama perjalan tersebut pengendara motor skuter matik bermesin 150cc ini tidak mengalami kendala, sebaliknya berjalan mulus bahkan berhasil mencatatkan rekor.

Pudjijarto Sutjipto, selaku Automotive Manager Bardahl Indonesia mengungkapkan, bahwa target pengujian tersebut sebenarnya hanya sampai 7500 km, namun para pengguna NMAX ingin melanjutkan hingga 10.000 km. “Pengujian ini kami lakukan untuk membuktikan bahwa oli Bardahl mampu menempuh jarak 9414 km, dimana target sesungguhnya 7500 km,” ucap Pudjijarto  (30/3/2017).

Dengan teknologi Carbon 60 (C60), hal ini memungkinkan, karena kelebihan oli Bardahl adalah satu-satunya oli yang memiliki additive Carbon 60, yang mampu melindungi mesin dari friksi atau gesekan. “Diproses dengan teknologi Nano (Carbon 60 dikecilkan hingga 1/100 mikron), hal inilah yang mengisi pori-pori metal dalam mesin kendaraan. Sehingga mampu melindungi mesin hingga 10 kali lipat dan mengurangi gesekan pada mesin. Jika memakai oli lain perlu jeda (overhead) setelah berjalan sekian kilometer, dengan oli Bardahl itu tidak perlu,” ungka Pudji.

Perwakilan dari komunitas NMAX Riders,Daeng bercerita pengalamanan selama perjalanan turing sejauh 10.000 km. “Bagi kita (red: NMAX Riders) sendiri dengan memakai oli Bardahl Scooter Moto 4 Plus SAE 5W-40 sangat recommended, tidak mengalami insiden yang berarti , terutama pengaruh oli pada mesin. Malah dengan memakai oli Bardahl, mesin terasa lebih enteng, mudah untuk bermanuver dan engga nyusahin. Nah, mumpung kita singgah ke beberapa tempat dan menjumpai beberapa kawan, kita jelaskan bahwa kita mempunyai misi 10.000 km tanpa ganti oli,”ujar Daeng mewakili teman-teman NMAX Riders. Daeng menambahkan, pemakaian oli Bardahl pada NMAX hingga 10.000 KM bukanlah hal yang mustahil. “Oli Bardahl tidak hanya memberikan suatu janji tanpa pembuktian yang memang benar-benar luar biasa”.

Mengenai rencana untuk bersaing di pasar pelumas nasional, Pudji menjelaskan bahwa kedepannya, selain terus bekerja sama dan ikut dalam acara-acara otomotif maupun komunitas, Bardahl mempunyai agenda yang bisa membantu program pemerintah.

“Selain promosi melalui sosial media dan ikut berpartisipasi dalam acara otomotif, kami bekerjasama dengan salah satu perusahaan di Jawa Tengah akan memasukkan kurikulum otomotif mesin sepeda motor di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dalam kurikulum tersebut, nantinya akan dijelaskan keunggulan produk kami,” jelas Pudji.

“Nantinya kita akan memulai mengadakan coaching clinic dan mengedukasi pelajar tentang oli dan cara kerjanya di mesin motor,” tutupnya.

 

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

2 thoughts on “Oli Motor Bardahl Sukses Uji Tempuh Pengendara Motor hingga 10 Ribu Kilometer”
  1. SAE nya bagaimana gan? sesuai dengan anjuran pabrikan motor gak? harusnya kalo sesuai dengan anjuran pabrikan motor tidak kenapa-napa…

Komentar pembaca