• 29 Februari 2024 00:06

Harga Plat Nomor Cantik Pada Kendaraan

Harga Plat Nomor Cantik Pada Kendaraan

.

Lensautama.com – Memiliki mobil dengan play nomor pilihan atau “plat nomor cantik” memiliki gengsi tersendiri bagi para pemilik mobil mobil di Indonesia. Memili plat “nomor cantik” tentunya harus membutuhkan biaya tambahan daripada plat nomor pada umumnya.

Memiliki plat nomor pilihan, bukan hanya menjadikan kendaraannya mudah diingat oleh sekitar tapi juga disinyalir dapat memberikan keberuntungan tersendiri bagi pemiliknya.

Ingin tahu tarifnya? Berikut biaya memasang plat nomor cantik

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB), biaya pemasangan plat nomor cantik mobil terbilang beragam. Kisarannya berada di angka Rp. 5 juta untuk formasi 4 angka disertai huruf, hingga Rp. 20 juta untuk 1 angka tanpa huruf.

Berdasarkan tarifnya, plat nomor cantik dibagi menjadi empat golongan meliputi satu, dua, tiga serta empat angka. Adapun hal tersebut dikategorikan lagi menjadi dua yakni menambah kode hurut atau tidak. Setiap kategori yang dipilih nantinya akan memberikan perbedaan biaya secara signifikan.

Plat Nomor Cantik Satu Angka

Harga yang harus ditebus paling mahal adalah plat nomor satu angka. Itulah sebabnya penggunaan plat nomor ini sering digunakan oleh para pejabat negara termasuk presiden, wakil presiden hingga kepala DPRD.

Bagi masyarakat yang ingin tampil mewah dengan mengaplikasikan plat nomor satu angka. Harganya terbilang fantastis yakni Rp. 20 juta tanpa huruf dan Rp. 15 juta apabila ada tambahan huruf.

Plat Nomor Cantik Kombinasi

Plat nomor kombinasi umumnya digunakan untuk membuat satu rangkaian kata yang akhirnya bisa dibaca lebih mudah. Misalnya, “B 4111 S” dibaca sebagai BAIS, atau yang terdapat pada mobil mini cooper “M 1111 NI” dibaca mini.

Daftar nomor cantik, larinya ke kas Negara dan Nomor cantik sudah diatur secara resmi dalam Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016. Dan, adapun tarifnya dari mulai Rp 5 juta sampai Rp 20 juta rupiah.

 

Berikut ini daftar tarif penerbitan NKRB pilihan :
NRKB pilihan 1 (satu) angka
– Tidak ada huruf belakang (blank) Rp 20 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta
NRKB pilihan 2 (dua) angka
– Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta
– Ada huruf di belakang Rp 10 juta
NRKB pilihan 3 (tiga) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 10 juta
– Ada huruf di belakang angka Ro 7,5 juta
NRKB pilihan 4 (empat) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta.
.

Harga Plat Nomor Cantik Pada Kendaraan

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca