• 19 Maret 2024 16:52

Di Usia 6-12 Bulan Bayi Rewel Mungkin ini Penyebabnya

JakartaTumbuh gigi merupakan proses alami yang terjadi pada bayi, sehingga jika proses tumbuh gigi pada bayi ini disertai kemunculan gejala seperti rasa gatal dan sakit pada gusi bayi sehingga membuat bayi menjadi tidak nyaman dan rewel, maka para orang tua harus membuatnya merasa nyaman.

“Bayi mengalami proses tumbuh gigi pertama mulai usia 6-12 bulan. Berdasarkan panduan American Academy of Pediatric Dentistry, gigi sulung pada bayi dimulai dari usia 6 bulan hingga lengkap di usia 3 tahun” Ujar drg. Merdiana Dwi Trasti, SpKGA selaku Dokter Spesialis Gigi Anak Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta.

Proses tumbuh gigi sendiri biasanya diawali dengan gusi yang kemerahan, dan terkadang bengkak karena adanya buldging atau penebalan gusi karena proses tumbuh gigi.

“Bayi akan menjadi sedikit rewel karena rasa tidak nyaman pada gusi nya dan terkadang menjadi sulit makan” Jelasnya.

Seringkali pada bayi usia 7 bulan, belum ditemukan tanda tanda akan tumbuh gigi pada gigi seri bawah maupun atas. Kondisi ini terbilang wajar mengingat proses tumbuh gigi seri pertama bawah dan atas sendiri bervariasi dari usia 6 hingga 12 bulan.

Pada usia 6-12 bulan umumnya gigi yang akan tumbuh lebih dulu adalah 2 gigi seri bawah dan dilanjutkan dengan 2 gigi seri atas.

Tanda-tanda proses tumbuh gigi seperti diatas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain.

  1. Perbanyak makan makanan dengan tekstur yang lebih kasar. Untuk snack time dapat diberikan finger food sayuran atau buah dengan tekstur halus namun cukup padat seperti wortel, brokoli, kembang kol, timun, pepaya, pisang dan melon.

  2. Menggosok gusi dengan kasa 1 kali sehari. Untuk bayi yang belum tumbuh gigi, area gusi sebaiknya tetap dibersihkan 1 kali sehari sebelum tidur. Penggunaan kain kasa yang dililitkan pada jari bertujuan untuk mebersihkan gusi dari sisa makanan sekaligus dapat memperlancar peredaran darah gusi bayi.

  3. Berikan teether dari bahan karet yang aman. Teether bisa dalam bentuk ring ataupun sikat gigi karet yang mudah digenggam dan harus dibawah pengawasan orang tua.

Beberapa hal tersebut diatas dapat membantu merangsang gusi dan otot pengunyahan bayi sehingga proses tumbuh gigi dapat berlangsung lebih optimal.

“Jika hingga usia 12 bulan belum ada tanda pertumbuhan gigi seri pertama, orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter gigi anak” Imbuh drg. Merdiana.

Pada dasarnya setiap bayi memiliki kemampuan berbeda-beda dalam setiap tumbuh kembangnya. Para orang tua tidak perlu khawatir selama memerhatikan apakah terdapat faktor genetik dan faktor medis yang menyebabkan pertumbuhan gigi tersebut dapat terhambat.

Bisa juga dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sang buah hati agar dapat merangsang pertumbuhan giginya.

“Sebaiknya sedari dini sudah dibiasakan untuk memeriksakan kesehatan gigi anak secara rutin untuk mengetahui tumbuh kembang giginya” pangkas drg. Merdiana Dwi Trasti, SpKGA.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca