• 29 Maret 2024 15:33

Kelima Finalis Microsoft Imagine Cup 2017 Di Tingkat Nasional!

ByMuhammad Yusuf

Mar 18, 2017

LENSAUTAMA.COM – Microsoft kembali menggelar Imagine Cup, sebuah ajang inovasi teknologi tahunan bagi pelajar dan mahasiswa berbakat dari seluruh penjuru dunia, untuk ke-15 kalinya. Pada pendaftaran Imagine Cup 2017 tingkat nasional yang telah dibuka sejak Desember 2016, sebanyak 521 tim yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia telah mendaftarkan diri. Angka ini meningkat 10% dari Imagine Cup 2016, menunjukkan semakin besarnya antusiasme pelajar Indonesia untuk menjadi developer dan digital entrepreneur.

“Seluruh tim yang berpartisipasi sungguh menunjukkan kreativitas mereka. Kami, tim seleksi yang terdiri dari pegawai dan ex-pegawai Microsoft Indonesia di bidang teknologi, sempat melalui proses diskusi yang panjang sebelum akhirnya sepakat memilih 10 submission terbaik, ” ujar Irving Hutagalung, Audience Evangelism Manager, Microsoft Indonesia. Sebanyak 50% dari proses penilaian pun berfokus kepada pemanfaatan teknologi dalam pengembangan aplikasi, khususnya teknologi komputasi awan Azure. Ke-10 submission terpil ih ini kami gabungkan dengan lima penerima wildcard, yang merupakan para juara kompetisi GEMASTIK dan Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest, sehingga total kami memiliki 15 semifinalis. “Berbeda dari Imagine Cup tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami tidak mengklasifikasikan Imagine Cup ke dalam kategori Innovation, Games, dan World Citizenship, sehingga membebaskan kreativitas para peserta dalam berinovasi,” lanjut Irving.

Tepat pada Kamis, 16 Maret 2017 kemarin, ke-15 semifinalis tersebut pun hadir di kantor Microsoft Indonesia untuk mempresentasikan ide mereka di putaran semifinal Imagine Cup 2017. Tahap ini melahirkan lima finalis yang terdiri atas tim CaTour dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung, tim CIMOL dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tim FRIYO dari Institut Pertanian Bogor (IPB), tim GaBlind dari Universitas AMIKOM Yogyakarta, dan tim Miracle Studio dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung.

Kelima finalis nasional tersebut akan kembali berkompetisi pada tanggal 6 April 2017 mendatang untuk mempresentasikan hasil final dari aplikasi yang mereka kembangkan. Pemenang babak final tingkat nasional nantinya akan diberangkatkan ke Manila, Filipina untuk bertemu dan berkompetisi dengan pemenang-pemenang dari negara-negara Asia Tenggara lainnya, memperebutkan tiket ke World Final Imagine Cup 2017 yang memiliki hadiah utama uang tunai sebesar $100.000 dan layanan Microsoft Azure senilai $120.000. World Final ini akan diselenggarakan di Seattle, Amerika Serikat, bulan Juli mendatang.@hafidz_mabrur

Komentar pembaca