• 28 Februari 2024 22:59

Bukan Hanya di Asia, Mobil Buatan Indonesia Disukai Warga Meksiko

ByYudi Atmaja

Jan 17, 2024
Mobil Buatan Indonesia

Bukan Hanya di Asia, Mobil Buatan Indonesia Disukai Warga Meksiko

 

Jakarta – Indonesia menutup tahun 2023 dengan catatan produksi mobil sebanyak 1.470.146 unit. Angka tersebut membuat Indonesia berada di rangking 11 besar produsen mobil terbesar di dunia.

Hanya selisih sedikit dibandingkan Thailand yang ada di posisi 10 besar dengan 1,88 juta unit tahun lalu. Total produksi mobil dari Indonesia pun ternyata bukan hanya untuk mengisi pasar domestik, tapi juga diekspor ke beberapa negara.

Menariknya, bukan hanya kawasan Asia, tapi ekspor mobil dari Indonesia juga digemari di berbagai negara dari benua Amerika dan Afrika. Hal ini disampaikan oleh Kukuh Kumara selaku Sekretaris Umum GAIKINDO di acara diskusi bersama Forwot pada Selasa (14/1).

“Ekspor mobil Indonesia tujuan nomor satu ke Filipina. Nomor dua ke Meksiko. Model 7-seater digemari di sana,” ucapnya.

Tapi menurutnya saat ini kondisi di Meksiko tengah defisit. Sehingga ada kebijakan pengaturan pasar ekspor dari mereka. Sehingga perlu dibutuhkan bantuan pemerintah agar dapat menjaga kuota ekspor dari Indonesia.

Selain Meksiko, produk-produk mobil Indonesia juga dikirim ke Vietnam sebagai eksportir terbesar ketiga dan Afrika Selatan di posisi empat.

Kedepannya, Kukuh menambahkan jika lroyeksi di pasar ke Australia besar. Sejak 2017 pasar mobil Australia mengandalkan produk impor.

“Ada kerjasama bilateral. Rencananya ada MG yang tengah bersiap di ekspor dari Indonesia ke Australia,” ucap Kukuh. #ilham

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca