• 21 Februari 2024 23:09
Strategi Canggih Wuling

Jakarta – Wuling Motors menjadi salah satu pabrikan yang cukup sukses di Indonesia. Tidak hanya mengandalkan model konvensional, tapi juga bermain di ranah segmen kendaraan listrik, yang nyatanya masih cukup baru di Tanah Air.

Secara portofolio, jenama asal Tirai bambu ini memiliki banyak lini model mobil listrik di negara asalnya. Namun, Dian Asmahani Brand & Marketing Director Wuling Motors memastikan bahwa produk yang dibawa ke Indonesia, sesuai dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan hasil survei dan kajian yang mendalam.

“Secara kapabilitas, kami bisa menghadirkan banyak produk di Indonesia. Tetapi, produk apa dan kapan? Itu kita mesti benar-benar evaluasi dengan market dan industri otomotif di Indonesia,” ujarnya.

Berbicara langkah awal Wuling di industri kendaraan listrik, adalah pada 2014 mulai mengembangkan mobil listrik yang sejalan dengan arahan pemerintah Tiongkok untuk memulai era kendaraan energi baru dan ramah lingkungan.

Seiring waktu berjalan permintaan akan kendaraan ini meningkat dan bahkan menjadi tren, sehingga mendorong Wuling untuk fokus pada kendaraan energi baru berukuran compact.

Terbukti, Wuling Air ev kini menyandang predikat mobil listrik terlaris di dalam negeri. Total penjualan sejak awal peluncuran hingga saat ini mencapai 11 ribuan unit.

Secara global, Wuling berhasil menjadi salah satu pabrikan yang berhasil menjual 1 juta unit mobil listrik pada 2022. Keberhasilan kendaraan listrik Wuling dan Baojun tidak lepas dari pengembangan platform khusus, Global Small Electric Vehicle (GSEV) SGMW yang dikembangkan secara lokal, dan menawarkan skala ekonomi dan fleksibilitas produksi yang signifikan.

Sementara itu, saat ini total penjualan Wuling di tiongkok mencapai 886.400 unit dengan gabungan model internal combusition engine (ICE) dan kendaraan listrik. Sedangkan total penjualan mobil listrik Wuling di negeri Tirai Bambu, sebanyak 334 ribu unit dari Januari 2023 hingga saat ini.

Saat ini, Wuling tengah mempersiapkan model baru seperti Bingo EV. Hatchback ramah lingkungan ini, diketahui telah diluncurkan di China di kuartal awal tahun lalu, dan cukup laris.

Mengutip Instagram Wuling, Bingo EV terjual 150.000 unit dalam waktu 6 bulan. Di China, Bingo EV dipasarkan dalam tujuh varian yang bisa dipilih oleh konsumen.

Nah, untuk penjualan produk mobil listrik Wuling lainnya, selain Bingo di China pada 2023 ini mencapai 214 ribu unit.

Tidak hanya sebatas penjualan dan juga produksi mobil listrik, Wuling menasbihkan sebagai salah satu produsen kendaraan listrik tersukses dengan memboyong 9 penghargaan kendaraan listrik, seperti Katadata Green Initiative Award 2022, Best Innovation Award pada Carvaganza Editor’s Choice Award 2022, Total Cost of Ownership terbaik untuk Battery Electric Vehicle versi GridOto Award 2022, dan Most-Worthy Electric Car di Uzone Choice Award di tahun 2022.

Tahun ini Air ev mendapat penghargaan Brands of The Year 2023 Marketeers OMNI Channel, Industry Leadership Award 2023 kategori EV, Rookie of The Year di Otomotif Award 2023, Best User Friendly Electric Car di SBBI Awards 2023, dan yang terbaru Green Product of The Year dari SME Awards 2023 dari Marketeers.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca