Jendela Otomotif Indonesia

Lindungi Privasi, Jaga Reputasi Digital

0
Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 26 November 2021 di Enrekang, Sulawesi Selatan.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Tema kali ini adalah “Jangan Sampai Menyesal, Jaga Jejak Digital”.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Rosmini Hamid mengatakan, untuk menjadi warga digital yang positif dan aman, jangan sebar informasi pribadi sensitif, jangan mudah percaya dan membuka tautan sembarangan, perkuat kata sandi dan pengaturan keamanan, tinggalkan jejak digital yang baik, serta konsultasikan bila menerima informasi yang mengganggu kenyamanan atau keamanan berinternet.

“Kebebasan berpendapat harus dilakukan dengan cara yang cerdas atau tepat, seperti menghindari opini penyulut perpecahan, pahami detail isu, sampaikan dengan sopan dan santun, serta pikirkan terlebih dulu dampak yang mungkin timbul akibat pendapat kita” Ujar Albertina Fransiska.

“Perkuat pengaturan keamanan data pribadi dan privasi kita di internet. Jika terjadi kebocoran atau penyalahgunaan, laporkan ke pihak terkait yang berwenang” ujarnya Andi Akmalul Yakin.

“Agar tetap aman berinternet, kelola jejak digital dengan memeriksa data pribadi kita di dunia maya, selanjutnya hapus atau nonaktifkan akun media sosial, surel maupun akun belanja daring yang jarang digunakan, gunakan mode samaran atau VPN saat berselancar, berhenti berlangganan mailing list atau newsletter, gunakan alat anti pelacak, serta pikir ulang setiap konten yang kita sebarkan” papar Andi Muh. Fadli.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, silakan kunjungi https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Komentar pembaca