Jendela Otomotif Indonesia

Bangun Citra Diri Positif Secara Natural di Ruang Digital

0
Jakarta – Sebanyak 669 peserta di Makassar, Sulawesi Selatan mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo (26/11).

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Tema yang dibahas kali ini adalah “Membangun Citra Tanpa Pencitraan di Media Sosial”.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Menurut Anita, media sosial bisa digunakan sebagai sarana untuk membangun jejaring dan meningkatkan keterampilan digital. Citra diri pun bisa ditampilkan lewat media sosial dengan bercerita secara sederhana namun inklusif.

“Untuk membangun citra diri positif, pilihlah platform media sosial sesuai kepribadian kita. Selanjutnya, isi dengan jujur hal-hal yang mencerminkan kepribadian, bijak dalam mengunggah foto atau gambar, dan pahami konsekuensi tindakan kita di dunia maya” Ujar Dika Kaputra.

“Penggunaan bahasa yang baik dan benar penting untuk memudahkan pesan tersampaikan dengan tepat. Penggunaan ragam bahasa yang tak sesuai kaidah di dunia maya harus disikapi secara bijak dan permisif, namun tetap tak boleh dianggap benar” ungkap Asis Nojeng

“Kesadaran akan hak kekayaan intelektual dan paten perlu ditingkatkan, terlebih di era kemajuan teknologi digital seperti saat ini agar kita terhindar dari jerat hukum akibat pelanggarannya” Jelas Ayu Andriyani

Komentar pembaca