Menginjak Tahun Ketiga, JDW Dinobatkan Sebagai Bagian Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf RI

Jakarta – JDW menginjak tahun ketiganya, dan tetap berjalan di situasi pandemi dengan menggandeng Tokopedia yang menyediakan halaman khusus JDW berisikan pilihan menu dessert dan pastry. Festival berlangsung di 25 Oktober – 14 November 2021.

Di tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia juga menjadikan JDW sebagai bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 yang merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia.

Bukan sembarang event, Kharisma Event Nusantara 2021 diawali dengan proses kurasi. Setiap tahapan kurasi dilakukan bertujuan untuk menyaring, dan mendapatkan kegiatan (events) yang berkualitas. Sehingga, bentuk pendukungan yang diberikan pada Jakarta Dessert Week pun akan lebih jelas dan terukur.

Agar event ini dapat memberikan dampak signifikan bagi ekonomi, sosial, budaya, hingga lingkungan, tentunya persiapan dilakukan secara matang. Di tahun ini pula Jakarta Dessert Week mencoba menyusun sebuah impact report yang berisi laporan dan rangkuman dampak positif yang dibawa JDW baik ke pelaku sektor maupun ekonomi secara umum.

JDW adalah festival dessert terbesar di Indonesia yang bertujuan mendukung ekosistem industri dessert dan pastry di Jakarta dengan memberikan ruang kreatif bagi para pelaku bisnis dessert. Pemilihan toko kue dan resto berdasarkan proses kuratorial, dengan penilaian mencakup kualitas produk, narasi, dan eksistensinya.

Sebagai platform ‘bergerak out of the box’, JDW menantang para seniman dapur untuk menampilkan limited edition dessert. Pada sisi konsumen, gerakan serentak hadirnya produk limited secara terbatas mendorong keingintahuan, gairah berbelanja, serta menciptakan perbincangan.

Melihat dampak positif yang dibawa JDW dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, baik dari sisi kontribusi ke sektor kuliner maupun membangun citra Jakarta sebagai culinary melting pot dan culinary hub, JDW di 2021 dinobatkan sebagai salah satu Kharisma Event Nusantara oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Tahun ini para chef dan pemilik toko kue ditantang mengambil inspirasi dari karya-karya seni baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Tantangan ini diberikan dengan pertimbangan bahwa para chef merupakan seniman yang menghasilkan karya-karya seni di dapur.

Telah terpilih 68 toko kue/resto berbasis online/offline dalam menghadirkan 100+ produk limited edition. Kategori mencakup cake, bread, cookies, ice cream, gelato, hingga healthy treats. JDW merasakan pemunculan signifikan pada produsen kue-kue sehat di tengah gaya hidup masa kini.

“Tokopedia mencatat kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori yang paling populer pada kuartal III 2021. Animo yang sangat tinggi dari masyarakat ini melatarbelakangi kehadiran Jakarta Dessert Week di Tokopedia pada ke-dua kalinya” Ujar Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.

“Harapannya, kolaborasi antara Tokopedia dan Jakarta Dessert Week bisa mendorong produk UMKM lokal makanan dan minuman menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia supaya bisa #BangkitBersama membantu pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi” ungkapnya

“Harapannya, JDW dapat memberikan kontribusi yang besar pada sektor kuliner Indonesia dan membangun citra DKI Jakarta sebagai culinary melting pot dan culinary hub sehingga menjadi pemantik kunjungan wisatawan yang semakin meningkat” jelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

“Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan JDW 2021 sebagai upaya mempromosikan kuliner, khususnya dalam bentuk dessert dan pastry ke tingkat dunia internasional untuk memperkuat branding pariwisata Indonesia : Wonderful Indonesia. Semoga industri ini terus bangkit bagi peningkatan ekonomi lokal maupun nasional, juga menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya” ungkap Sandiaga Uno.

Komentar pembaca