• 13 Juli 2024 01:52

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Dana Investasi

Jakarta – PT Chery Sales Indonesia telah melakukan produksi untuk mobil listrik pertamanya di Tanah Air, yakni Omoda E5. Perakitan itu bakal dilakukan di fasilitas milik PT Handal Indonesia Motor (HIM), Pondok Ungu Bekasi, Jawa Barat.

Chery menjadi salah satu yang terus menunjukkan komitmennya dalam persaingan di industri otomotif Indonesia. Belum lama ini, mereka juga telah memperkenalkan mobil listrik Omoda E5 rakitan lokal.

Omoda E5 yang diproduksi dengan menggunakan fasilitas perakitan PT Handal Indonesia Motor (HIM) bakal di ekspor ke negara-negara setir kanan. Ini membuktikan bahwa Chery benar-benar serius dalam bersaing di industri otomotif.

Chery juga membuktikan komitmennya kepada konsumen melalui beberapa upaya, baik itu di sektor pemasaran, riset, hingga aftersales. Ini dilakukan untuk memastikan pihaknya dapat memberikan apa yang diinginkan oleh konsumen Indonesia.

Rifkie Setiawan selaku Head of Brand PT Chery Sales Indonesia (CSI) menyampaikan pihaknya optimistis bisa menggaet minat konsumen. Caranya adalah melalui upaya pendekatan dan peningkatan pelayanan.

“Saat ini sudah ada beberapa vendor yang sedang mendiskusikan penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dengan tujuan mempermudah para pengguna mobil listrik Chery” kata Rifkie

Sebagai penyedia mobil listrik, Chery sadar betul untuk memenuhi infrastruktur demi memberi kemudahan pada pelanggannya. Nantinya, SPKLU akan tersedia di diler-diler eksklusif Chery.

“Salah satunya itu tadi bahwa kita sedang rencanakan di diler, ini sudah satu keharusan, karena kan menyangkut banyak pihak. Jadi, banyak tersedianya fasilitas-fasilitas yang terkait dengan EV Chery itu sendiri, dan itu sudah planning dan sedang diskusi dan nantinya akan diinformasikan” ungkapnya

Komitmen lain yang ditunjukkan adalah dengan riset pasar dan rencana pembangunan pabrik independen. Hal ini dilakukan sebagai upaya memenuhi syarat TKDN, khususnya bagi mobil listrik Omoda 5E.

Chery telah menggelontorkan dana investasi awal sebesar Rp250 miliar, dengan menggandeng PT HIM sebagai perusahaan rekanan. Di fasilitas itu, Chery merakit mobil listrik mereka secara lokal atau CKD (completely knocked down).

“Saat ini, Chery juga sudah membukukan pemesanan sebanyak 400 unit Omoda E5 sejak awal peluncurannya pada Agustus 2023. Faktor produksi dan pemenuhan pesanan juga diklaim tidak menjadi kendala” jelas Rifkie

Sementara itu, Chery Omoda E5 diklaim sudah mendapatkan hampir 400 pemesanan atau surat pemesanan kendaraan (SPK) sejak diperkenalkan di GIIAS 2023. Harga Omoda E5 sampai saat ini belum diumumkan secara resmi, Namun diperkirakan dibanderol Rp 500 hingga Rp 550 juta.

“Selain membawa merek Omoda dan Tiggo Series, Chery juga berencana untuk memperkenalkan merek lain seperti Jaecoo di pasar otomotif Indonesia” pangkasnya

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca