• 21 Februari 2024 23:05

Mobil Listrik Chery OMODA E5 Meriahkan Ajang Touring Forwot 2023

ByYudi Atmaja

Des 6, 2023
Chery OMODA E5SUV listrik ini diperkenalkan pada GIIAS 2023, dan mencatatkan angka pemesanan sebanyak 400 unit (Foto: lensautama)

Jakarta – Teknologi mobil ramah lingkungan makin menjamur beberapa tahun belakangan ini. Varian penggeraknya beragam. Mulai dari mild hybrid, hybrid, plug in hybrid hingga electric vehicle atau mobil listrik.

Hal ini pula yang terlihat di ajang touring Forwot (Forum Wartawan Otomotif) 2023 yang berlangsung pada 2-3 Desember di Sentul, Jawa Barat. Pada gelaran tahunan ini, sejumlah mobil ramah lingkungan didapuk menjadi sarana pengenalan mobil baru.

Termasuk mobil listrik Chery OMODA E5 yang kini diproduksi secara CKD di Indonesia. Mobil listrik ini pertama kali dikenalkan lewat pameran GIIAS 2023. Dan di touring Forwot 2023 dikenalkan kembali secara lebih dalam.

Pada keterangannya, disebutkan jika OMODA E5 merupakan kendaraan EV pertama Chery untuk pasar global. Sistem penggeraknya didukung motor listrik berdaya 120 kW dan baterai yang mampu menempuh jarak hingga 450 kilometer, cocok untuk penggunaan di Indonesia.

Bahkan OMODA E5 terbilang laris manis di Indonesia. Dimana sejak pertama kali muncul pada GIIAS 2023 bulan Agustus yang lalu, pemesanan pre-booking telah mencapai 400 unit.

Sehungga dalam produksinya di Tanah Air, OMODA E5 direncanakan untuk dapat memenuhi jadwal pendistribusian kepada para pemesan yang akan dilakukan pada kuartal pertama 2024.

“Chery Omoda E5 sudah mulai dirakit lokal pada Desember 2023. “Produksi sampai Januari 2024, sehingga kuartal pertama harapannya Februari kita sudah bisa delivery di bulan Februari, ” jelas Rifkie Setiawan, Head of Marketing PT CSI di sesi talk show Chery bersama Forwot tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyatakan jika Indonesia dipilih sebagai pusat produksi OMODA E5 versi setir kanan, bukan hanya pada pasar domestik tapi juga ekspor.

“Dengan melakukan perakitan Omoda E5 di PT Handal yang sudah punya pengalaman di prakitan dan lain-lain, selain bermain di pasar domestik kita juga berencana nantinya untuk mengekspor ke beberapa negara dengan basis setir kanan yang ada di Asia dan Afrika Selatan,” kata Rifki Setiawan, Head of Brand PT Chery Sales Indonesia (CSI) disela kegiatan bersama Forwot.

Sebagai catatan, dalam produksi ini, Chery dibantu PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Jawa Barat turut melengkapi infrastruktur produksinya dengan peralatan canggih khusus untuk perakitan kendaraan listrik agar kualitas produksi dapat berlangsung sesuai standarisasi global Chery. #ilham

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca