• 21 Februari 2024 21:15
Konser Musik

Jakarta – Konser musik di Indonesia belakangan ini sedang marak terjadi baik dari konser musik lokal maupun internasional. Beberapa konser musik internasional yang diadakan di Indonesia salah satunya adalah konser Blackpink yang pernah memeriahkan Indonesia.

Konser ini sukses menyita perhatian publik dan memberi kebahagiaan bagi Blink, sebutan penggemar Blackpink. Selain membawa kebahagiaan bagi Blackpink dan Blink, para UMKM pun ikut merasakan kebahagiaan karena kebanjiran rezeki dari hasil penjualannya di konser tersebut.

Sandiaga Uno juga menuturkan banyak pelaku UMKM memanfaatkan momen ini untuk peluang bisnisnya baik secara offline maupun online. Beliau menilai bahwa di tahun 2023 akan menjadi pegiat event dan di Indonesia dan akan hadir di skala internasional seluruh Indonesia.

Para UMKM menyediakan barang yang mereka pasarkan dengan berbagai macam mulai dari pernak-pernik, makanan, minuman, bahkan jasa parkir yang menjadi peluang lapangan pekerjaan bagi mereka.

Biasanya ketika konser, ada larangan tidak diperbolehkan membawa makanan atau minuman dari luar ketika memasuki area konser karena akan ada kamera yang mengawasi, para UMKM memanfaatkan hal itu untuk mendapatkan keuntungan mereka untuk menjual makanan dan minuman dengan harga yang lebih mahal dari harga asli, mereka mengambil keuntungan dua kali lipat tergantung dari barang yang mereka pasarkan.

Teknik yang biasanya dilakukan para pelaku UMKM biasanya menjual merchandise girlband yang akan tampil seperti Blackpink. Biasanya mereka menjual topi berlogo Blacpink, kipas angin tangan dengan gambar muka salah satu idola Blackpink, kaos bertema Blackpink, tempat minum, dan lain sebagainya.

Konser SMTOWN Live 2023 ini sangat unik, karena semua penonton yang hadir di Gelora Bung Karno mengenakan busana batik. Hal itu mendapatkan respons positif dari masyarakat karena dengan mengenakan busana batik pada konser tersebut, dapat memperkenalkan warisan budaya Indonesia ke internasional.

Para UMKM memanfaatkan momentum konser ini menjadi peluang bagi bisnisnya untuk menambah penghasilan dan memasarkan produk penjualannya. Antusiasme mengikuti konser musik internasional bagi pelaku UMKM mereka kecipratan banyak rezeki karena mendapatkan banyak keuntungan dari banyaknya pembeli.

Berbagai macam makanan dan minuman yang dipasarkan oleh pelaku UMKM di konser musik ini bisa memperkenalkan jajanan khas Indonesia ke turis yang datang mengikuti acara konser musik internasional tersebut. Tak jarang pula para pelaku UMKM memasarkan penjualannya kepada pembeli khususnya turis dengan harga yang cukup mahal dan mendapatkan penghasilan bisa dua kali lipat dari biasanya.

Jajanan yang dipasarkan oleh pelaku UMKM di konser musik SMTOWN Live 2023 selain makanan dan minuman khas dari Indonesia, biasanya makanan dari Korea Selatan seperti Tteokbokki yaitu hidangan kue beras Korea yang dimasak dengan bumbu pedas.

Pelaku UMKM memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan banyak peluang dan hasil penjualan yang tinggi, selain itu mereka pun memikirkan konsep ide sebagai ekonomi kreatif yang menarik untuk memikat para calon pembeli di area konser musik tersebut.

Dampak positif yang dirasakan begitu banyak sehingga menambah tingkat perekonomian Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan baru di acara konser tersebut. Ekonomi kreatif di Indonesia pun semakin berkembang karena banyak masyarakat yang membuka usaha di konser musik internasional ini dengan tema yang menarik.

Harapannya untuk konser musik internasional ke depannya adalah hal positif yang dapat diraih baik dari segi perekonomian, kebudayaan maupun hal lainnya untuk bisa berkembang lebih baik lagi dan tidak merusak serta menghilangkan kebudayaan Indonesia.

Komentar pembaca