• 28 Februari 2024 23:44
Hypermotard 698 Mono

Jakarta – Dalam episode kelima seri web Ducati World Première 2024, Ducati memperkenalkan kepada publik Hypermotard 698 Mono baru, silinder tunggal pertama Ducati Supermotard.

Hypermotard 698 Mono diciptakan dengan tujuan untuk memacu adrenalin saat melewati tikungan, di antara tepian trek dan juga di dalam kota, mengubah setiap gerakan menjadi momen paling menyenangkan sepanjang hari.

Sebuah tujuan yang dicapai dengan menerapkan solusi teknis turunan dari dunia Panigale untuk mesin, elektronik dan sasis ke segmen baru Ducati, sehingga menciptakan sebuah sepeda motor yang mampu memberikan emosi tak terlupakan saat berada di atas sadel.

Hypermotard 698 Mono sebenarnya dirancang dan dibuat untuk mencapai performa maksimal di aspal dan dilengkapi dengan Superquadro Mono baru , mesin dengan satu silinder tercanggih dan berperforma tinggi yang pernah dibuat.

 

Hypermotard 698 Mono baru akan tersedia di dealer Ducati Indonesia mulai bulan April 2024 dalam warna klasik (Foto: Dok)

 

Mesin pemecah rekor berkat tenaga maksimum 77,5 hp dan putaran maksimum 10.250 rpm yang menjadi tolak ukur baru untuk kategori tersebut.

Mesin ini berasal dari silinder ganda Panigale 1299, yang mewarisi piston bore 116 mm, ruang bakar, katup masuk dan buang baja titanium, serta distribusi Desmodromic, solusi yang sama yang digunakan Ducati di MotoGP.

Jimmy Budhijanto. CEO Ducati Indonesia mengatakan, kendaraan ini memungkinkan pengendara yang lebih berpengalaman untuk sepenuhnya memanfaatkan tenaga tinggi dari mesin Superquadro Mono serta sasis yang stabil dan kokoh.

“Hypermotard 698 Mono memadukan presisi bagian depan sepeda motor sport Ducati dengan kegesitan khas Supermoto , untuk pengendaraan yang mudah, intuitif, dan yang terpenting adalah fun to ride” ungkapnya

Dengan desain yang menyempurnakan kehadiran mesin Superquadro Mono baru dan menggabungkan ciri khas Supermoto balap seperti kesederhanaan, agresivitas, dan kecerahan visual dengan kebersihan dan kecanggihan permukaan yang kini biasa digunakan oleh Ducatisti.

“Keseimbangan tersebut tercapai berkat dimensi sasis yang memungkinkan bagian depan lebih netral dibandingkan sepeda motor turunan dari dunia offroad yang biasanya lebih understeering” kata Jimmy

Ducati Hypermotard 698 Mono memperkenalkan Superquadro Mono baru , tambahan terbaru pada mesin Borgo Panigale yang menghadirkan tolak ukur performa baru di antara sepeda motor jalan raya satu silinder. Segala informasi mengenai mesin baru Ducati dapat ditemukan di sini.

Bertenaga, ringan dan kompak, ia berasal dari mesin silinder ganda paling bertenaga dan halus yang pernah dibuat oleh Ducati: Superquadro 1.285 cc dari 1299 Panigale.

Dengan dipertahankannya lubang silinder sebesar 116 mm dari mesin tersebut, menjadi nilai rekor untuk silinder tunggal jalan raya , dikombinasikan dengan langkah 62,4 mm untuk kapasitas 659 cc, menjadikannya solusi yang sangat canggih. \

Superquadro Mono mampu berputar pada kecepatan yang biasanya hanya disediakan untuk balap silinder tunggal (pembatasnya disetel pada 10.250 rpm) dan menghasilkan tenaga maksimum sebesar 77,5 hp pada 9.750 rpm.

Torsi, yang nilai maksimumnya adalah 6,4 kgm pada 8.000 rpm, didistribusikan dengan cara yang sangat menguntungkan, sehingga menghasilkan penyaluran linier yang dapat dimanfaatkan dalam olahraga berkendara.

Selain itu, berkat knalpot balap Termignoni , dalam konfigurasi trek, tenaganya meningkat sebesar 7 tenaga kuda mencapai nilai luar biasa yaitu 84,5 hp, rekor lain untuk silinder tunggal .

Hypermotard 698 Mono merupakan yang terlengkap di kategorinya dan mencakup banyak kontrol yang ada pada Panigale V4, yang dikembangkan khusus untuk motor ini. Ada ABS Cornering, Ducati Traction Control, Ducati Wheelie Control, Engine Brake Control, Ducati Power Launch dan Ducati Quick Shift (DQS) Up/Down, yang bisa dibeli sebagai aksesoris untuk versi standar dan disertakan sebagai standar pada RVE.

Hypermotard 698 Mono memiliki empat mode berkendara (Sport, Road, Urban dan Wet) dimana Engine Mode (tersedia dalam 3 level), level DTC, EBC dan ABS ditetapkan secara default, yang dapat dimodifikasi oleh pengendara.

Motor ini menawarkan 4 tingkat Kontrol Wheelie. Level 4, 3 dan 2 memastikan akselerasi maksimal saat menikung sekaligus meminimalkan gaya angkat dari roda depan. Namun, Level 1 dikembangkan untuk digunakan di trek dan memungkinkan pengangkatan bagian depan secara terkendali dan aman, memaksimalkan performa dan kesenangan.

Posisi berkendara dirancang untuk menjamin kendali maksimal dalam olahraga berkendara dengan gaya supermoto, seperti berkendara tradisional dengan kaki diluruskan ke tanah ataupun dengan lutut di atas tanah.

Hypermotard 698 Mono di sirkuit akan menemukan berbagai usulan di katalog Ducati Performance, mulai dari knalpot balap Termignoni , jok balap, pijakan kaki motard , serta slider dan penutup pelindung bak mesin.

Hypermotard 698 Mono adalah motor yang menyenangkan . Mudah dikendarai, menyenangkan dan dengan gaya yang hebat. Untuk itu, Ducati telah menciptakan lini pakaian khusus.

Hypermotard 698 Mono baru akan tersedia di dealer Ducati Indonesia mulai bulan April 2024 dalam warna klasik Ducati Red dengan rangka powder coat, atau dalam versi RVE dengan grafis khusus, rangka hitam, dan quickshifter DQS sebagai standar.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca