Jendela Otomotif Indonesia

Memudahkan Akses Fitur Kendaraan Almaz RS & New Cortez di IIMS 2022

Salah satu inovasi yang turut dipamerkan adalah Internet of Vehicle (IoV) yang diaplikasikan di Wuling Almaz RS dan New Cortez.

0

Jakarta – Wuling Motors mengusung tema ‘Experience The Next Innovation’ dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Hal tersebut tergambar dari lini produk yang ditampilkan selama pameran berlangsung, yang telah dilengkapi dengan beragam inovasi terkini.

Salah satu inovasi yang turut dipamerkan adalah Internet of Vehicle (IoV) yang diaplikasikan di Wuling Almaz RS dan New Cortez.

IoV merupakan teknologi yang menghubungkan pengguna dengan kendaraannya baik untuk memonitor maupun mengendalikan beragam fitur kendaraan melalui koneksi internet. Pengoperasian IoV sendiri dapat dilakukan melalui aplikasi MyWuling+ pada smartphone pengguna atau melalui head unit.

Memudahkan akses fitur kendaraan menggunakan smartphone dan head unit dengan dukungan WIND (Foto: LensaUtama)

 

Inovasi ini memudahkan pengguna dan memberikan kenyamanan baik saat mempersiapkan perjalanan, selama berkendara, maupun setelah berkendara.

Dengan menggunakan MyWuling+, pengguna bisa mengakses beberapa fitur IoV seperti melihat kapasitas bahan bakar dan perkiraan jarak tempuh berdasarkan volume bahan bakar yang tersisa.

Selain itu, pengguna juga bisa melacak posisi kendaraan melalui fitur vehicle positioning yang sangat berguna jika pengguna lupa posisi kendaraan saat diparkir di lokasi umum.

Sebagai salah satu fitur keamanan, fitur geo fencing juga dapat digunakan sebagai pagar eletronik dengan radius tertentu yang akan memberikan peringatan apabila kendaraan bergerak keluar dari batas tersebut.

Selain itu, IoV juga menjadikan telepon pintar pengguna sebagai vehicle remote control yang dapat digunakan untuk mengendalikan beberapa fitur kendaraan dari jauh.

Pengguna dapat mengunci dan membuka kunci pintu mobil, memanaskan mesin, membuka dan menutup jendela, hingga menyalakan pendingin udara melalui aplikasi MyWuling+. IoV juga memungkinkan penggunaan smartphone sebagai Bluetooth key yang berfungsi menggantikan kunci mobil

Fitur IoV lainnya dapat dioperasikan via head unit pada kendaraan seperti online navigation, online music, dan akses internet messaging app. Fasilitas ini memungkinkan pengguna untuk mengakses navigasi, memutar musik secara daring, hingga mengirim serta menerima pesan menggunakan koneksi internet.

Mencoba Internet of Vehicle (IoV) Almaz RS & New Cortez di IIMS 2022 (Foto: LensaUtama)

 

Uniknya, fitur-fitur daring tersebut juga dapat dioperasikan dengan perintah suara berbahasa Indonesia yang dikenal dengan nama Wuling Indonesian Command (WIND). Dengan demikian, pengalaman berkendara menjadi aman dan nyaman tanpa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Kelebihan sistem IoV Wuling lainnya ialah wireless mirrorlink yang dapat digunakan untuk menampilkan layar antarmuka smartphone pada head unit dalam kendaraan tanpa perlu menggunakan sambungan kabel USB. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah mengakses aplikasi-aplikasi smartphone dari layar head unit.

Inovasi IoV sendiri pertama kali hadir dalam lini produk Wuling pada flagship SUV Almaz RS sebagai bagian dari Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Kini, New Cortez menjadi produk kedua dari Wuling yang dilengkapi inovasi canggih ini.

Komentar pembaca