• 29 Maret 2024 22:34

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 3 Desember 2021 di Manado, Sulawesi Utara.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema saat ini adalah “Membangun Merek di Dunia Digital”.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang. Pada program ini diikuti oleh 1393 peserta dari berbagai kalangan.

Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif.

“Agar perdagangan di lokapasar berjalan efektif, langkah yang perlu dilakukan diantaranya produk berkualitas, harga bersaing, gambar dan deskripsi produk ditampilkan dengan jelas, serta promosi di media lain” Ujar Fianda Julyantoro

“e-market atau e-pasar memerlukan konten kreator untuk dapat menarik calon pelanggan. Warganet harus berani memulai pemanfaatan teknologi digital demi mengembangkan usahanya” ungkap Ovil Putra

“Dalam berbisnis daring perlu komunikasi efektif dengan pelanggan. Misalnya, memberikan kesan pertama yang baik, menggunakan kalimat yang jelas dan positif, serta dapat mengendalikan emosi dan selalu menjaga etika” jelas Fajar Abukasi

“Hak paten merupakan hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu. Hal-hal mengenai hak paten diatur dalam UU Nomor 13 Nomor 2016, misalnya mekanisme pengajuan hak paten ke pemerintah” tutup Dr Jenny Morasa

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca