xnxx Ancaman Pelecehan Seksual di Media Digital dan Cara Menyikapinya - LensaUtama

Ancaman Pelecehan Seksual di Media Digital dan Cara Menyikapinya

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” kembali diselenggarakan secara virtual di Makassar, Sulawesi Selatan pada 12 November 2021. Program Literasi Digital diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Hormati Perempuan, Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital”.

Program kali ini menghadirkan 700 peserta, Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Memasuki sesi pemaparan, Kalis Mardiasih sebagai pemateri pertama tampil membawakan tema “Digital Skills, Bekal untuk Publik Internet #CakapDigital”.

Nabilah Saputri menyampaikan materi berjudul “How to Interact on Internet”. Perkembangan internet dan masalahnya seperti kekerasan seksual nyatanya tidak selalu berbanding lurus dengan penegakan hukum. Nabilah menyebut hal ini merugikan kelompok tertentu, sehingga memformat suatu kekerasan berbasis gender baru (KGBO).

“Bagaimana memilah pendapat yang boleh atau tidak boleh disampaikan di dunia digital? Upayakan membaca tuntas unggahan sebelum berkomentar. Pemahaman setengah-setengah seringkali memicu seseorang terburu-buru menghakimi unggahan” kata Nojeng Comol

“Beberapa potensi kejahatan dengan data pribadi, antara lain jual beli data, profiling untuk target politik atau iklan di media sosial, pendaftaran akun pinjol memaksa akses ke kontak atau media dan lain-lain, meretas akun layanan, perundungan siber, ambil alih akun, dan telemarketing” jelas Al Akbar Rahmadillah

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca