Indonesian Women’s Forum Gelar Masterclass Bertema Healing Through Art

Advertisements

Jakarta – Menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Indonesian Women’s Forum (IWF) 2019, Golden Space menggelar masterclass bertema “Wellbeing Series: Healing Through Art” di Jakarta.

Bahasan unik ini menghadirkan pembicara Atreyu Moniaga, seniman dan pendiri Atreyu Project dan Yodhananta Soewandi, praktisi meditasi The Golden Space Indonesia, serta melibatkan 60 orang wanita peserta.

Gangguan mental menjadi kondisi yang ternyata kian lazim terjadi di tengah masyarakat. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 dari Kementerian Kesehatan menyebut 15,8% keluarga di Indonesia memiliki anggota penderita gangguan mental.

Dampaknya, penderita gangguan mental semakin terisolasi dan sulit mendapatkan pertolongan.

“Bagaimana menggambar bisa menjadi proses healing, ketika menggambar kita benar-benar sendirian sehingga bisa mengekspresikan semua kegalauan maupun kesedihan melalui imajinasi yang tanpa batas” Ujar Atreyu Moniaga.

“Berbeda dengan tulisan dalam buku harian yang bisa mudah dibaca oleh orang lain, sebuah lukisan hanya bisa kita pahami sendiri. Meski saat menggambar kita sedang marah, tetapi percayalah, perasaan yang tertuang akan menjadi memori yang indah” jelas Atreyu

“Meditasi membantu penyembuhan secara emosional, memungkinkan kita untuk mengeskpresikan semua emosi, berdamai dan mencintai diri sendiri. Apabila sudah menerima kondisi diri, maka proses penyembuhan dimulai” tutup Yodha.

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE