Situ Cipondoh, Tempat Wisata Murah di Tangerang

Tangerang – Danau cipondoh menjadi pilihan alternatif keluarga untuk menghabiskan waktu wiken. Selain udara yang sejuk, wisatawan juga bisa menikmati wahana air.

Untuk mencapai ke lokasi pulau tersebut dapat menggunakan perahu dengan membayar 5000 rupiah saja, atau jika ingin menikmati kesan mendayung, wisatawan bisa menyewa perahu sepeda dengan membayar 15.000.

Danau yang dikenal oleh warga sekitar sebagai Situ Cipondoh ini sangat sejuk, berada di pinggir Jalan Raya KH Hasyim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang.

Anda bisa menjadikan danau ini sebagai tempat alternatif untuk menghilangkan penat selama menjalani rutinitas sehari-hari. Jadi tidak perlu jauh-jauh datang jika hanya ingin menikmati indahnya suasana alam.

Ada tiga pilihan tempat yang bisa Anda nikmati di objek wisata yang mulai dikenal luas sejak tahun 1980-an ini.

Pertama, objek wisata yang dikelola Forum Masyarakat untuk Pelestarian dan Pengembangan Situ Cipondoh. Letaknya, berada di sisi timur danau, disini ada banyak wahana bermain untuk anak-anak.

Diantaranya adalah ayunan, perosotan dan kereta mini. Meski pengunjung dilarang mandi di danau, anak-anak tetap bisa bermain di atas air dengan sepeda air, perahu dan bermain bebek-bebekan.

Tempat ini pun ada permainan flying fox, selain menunggu anak-anak bermain, para orang tua juga bisa menikmati indahnya suasana danau di bawah pohon rindang, sambil menikmati makanan dan santai.

Bagi Anda yang senang memancing silakan bawa alat pancing sendiri. Di sini, Anda bebas memancing tanpa harus takut dipungut biaya. Di danau ini juga banyak ikan Nila yang sengaja ditebar oleh pemkot Tangerang.

Menurut cerita dari warga setempat, Situ Cipondoh awalnya adalah sebuah rawa yang tak terurus berbentuk cekungan besar serta ditutupi tanaman liar eceng gondok. Situ Cipondoh yang sejak dulu merupakan suatu kawasan yang secara fisik memiliki luas dan karakterisitik sebagai situ dan berfungsi hidrologis sebagai tandon air bagi wilayah di sekitarnya.

Google Map Situ Cipondoh : https://www.google.com/maps/place/Kawasan+Danau+Situ+Cipondoh

Komentar pembaca