• 16 Juli 2024 22:40

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Kakorpolairud Maksimalkan Pengamanan untuk Piala Dunia Sepak Bola U-17

Sepak Bola U-17

JAKARTA – Menyambut gelaran FIFA U-17 World Cup 2023 yang dilangsungkan pada 10 November – 5 Desember 2023, menjadi salah satu agenda utama dari pihak kepolisian untuk memberikan keamanan serta kenyamanan kepada semua lapisan.

Menanggapi kesiapannya tersebut, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto, menjelaskan bahwa pihaknya akan senantiasa melakukan berbagai persiapan yang maksimal terkait penyelenggaraan kegiatan tersebut salah satunya adalah dengan pengalihan lalu lintas.

 

M Yassin Kosasih mengecek kesiapan pengamanan untuk FIFA World Cup U-17
Helikopter AW-169 yang akan digunakan untuk pengamanan FIFA World Cup U-17

 

“Event pembukaan akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Presiden FIFA, Giani Vincenzo Infantino. Hari ini kita menggeral Lapraops karena kita kebagian pembukaan hari Jumat (10/11),” jelasnya, seperti dilansir korpolairud-news.

Untuk menjaga hal tersebut berjalan lancar sesuai dengan arahan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, Plt Kakorpolairud Baharkan Polri, Brigjen Pol M Yassin Kosasih, S.I.K., M.Si sebagai Kasatgas Banops ‘Aman Bacuya 2023’ menegaskan pihaknya akan memberikan pengamanan yang maksimal.

M Yassin Kosasih mengecek kesiapan pengamanan untuk FIFA World Cup U-17
Penngecekan kesiapan ambulans untuk kegiatan FIFA World Cup U-17

 

Sementara itu, terkait pengamanan untuk kegiatan tersebut, M Yassin Kosasih, menjelaskan pihaknya akan memberikan dukungan tidak hanya via darat, namun akan ada tambahan pengamanan melalui layanan udara dengan menyiapkan helikopter untuk kepentingan pengamanan.

“Hal ini termasuk memberi dukungan melalui udara menggunakan helikopter guna kepentingan pengamanan. Helikopter juga bisa digunakan untuk VIP atau evakuasi korban, serta untuk helikopter yang digunakan dan selalu stand by adalah jenis AW 169 sebanyak dua unit,” jelas M Yassin Kosasih.

Tidak hanya terkait keamanan, pihaknya juga akan memberikan dukungan lain agar pelaksaan FIFA World Cup U-17 ini berjalan lancar.

“Fungsi Banops yang lain adalah melaksanakan tugas-tugas di bidang TIK dengan menyiapkan radio komunikasi, Dokes untuk mempersiapkan ambulans serta tenaga medis, security officer jasa pengamanan melekat pada wasit, dan Poludara,” pungkasnya. (HF)

Komentar pembaca