• 12 Juli 2024 23:37

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Panigale V4 SP2

Jakarta – Ducati merayakan ulang tahun ke-30 916 dengan model seri terbatas bernomor 500 unit. Panigale V4 SP2 30° Anniversario 916 adalah penghormatan Ducati terhadap sepeda motor yang mewakili tonggak sejarah perusahaan.

Sebuah ikon sejati desain dan dunia balap, dipamerkan di MoMA di New York, yang bahkan hingga saat ini, 30 tahun kemudian, masih dianggap sebagai lambang keindahan yang diterapkan pada roda dua.

Fitur khas dan karakter supersport dari Ducati 916, motor yang menjadi asal mula DNA desain semua motor sport Ducati, dapat ditemukan di Panigale Anniversario. Gen 916 dapat ditemukan pada massa yang terkonsentrasi di bagian depan, pada tampilan berliku-liku dari atas dan pada elemen seperti lampu depan, “hidung”, saluran masuk udara, fairing V, pahatan, Tangki bahan bakar, ekor pendek dan lincah serta lengan ayun satu sisi.

Jimmy Budhijanto. CEO Ducati Indonesia mengatakan, Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 diproduksi dalam seri bernomor dan terbatas sebanyak 500 unit. Seperti motor balap yang mengambil inspirasi coraknya, ia ditawarkan dalam konfigurasi satu tempat duduk saja dan diperkaya dengan pelat kemudi aluminium billet dengan ukiran laser pada nama model dan nomor progresif.

“Terakhir, Panigale Trentesimo Anniversario 916 hadir dengan sertifikat keaslian dan cover khusus motor” ungkapnya

Pada Hari Jadi Panigale, penghormatan kepada 916 dirayakan dengan corak yang dibuat oleh Centro Stile Ducati, yang memberi penghormatan kepada salah satu grafis balap terindah dalam sejarah olahraga Ducati, yaitu motor yang memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike bersama Carl. Fogarty pada tahun 1999.

 

Ducati merayakan ulang tahun ke-30 916 dengan model seri terbatas bernomor 500 unit (Foto: Dok)

 

Tiga warna ikonik pada fairing, pelat nomor putih, dan nomor 1 telah diambil dan ditinjau kembali dengan gaya modern, sedangkan bagian hitam pada setengah penutup atas mengingatkan pada saluran udara 916. Tangki bawah, juga berwarna hitam, adalah pengingat yang kuat tentang dunia balap.

Terakhir, penutup tangki menampilkan logo laurel, dengan warna emas yang sama seperti pada 916. Logo pada fairing, yang pada 916 pertama berwarna perak dengan garis emas, di sini ditinjau kembali dan diperbarui, menggunakan efek 3D.

Panigale V4 SP2 30° Anniversario 916 memiliki tutup tangki bahan bakar balap yang dibuat dari aluminium billet, saluran udara untuk mendinginkan rem depan, pelindung panas knalpot, sayap dengan desain profil ganda, dan spatbor depan berbahan serat karbon.

Sistem pengeremannya adalah yang terbaik di kelasnya: berkat kaliper Brembo Stylema dan saluran pendingin, sistem ini menawarkan efisiensi pengereman yang tinggi dan pergerakan tuas yang konsisten bahkan selama sesi lintasan yang panjang.

Silinder master Brembo MCS dengan pengatur jarak jauh memungkinkan penyesuaian rasa dan jarak dari stang secara sederhana dan intuitif tanpa harus berhenti.

Kopling kering STM EVO menawarkan fluiditas yang lebih baik di semua fase berkendara dengan throttle tertutup, seperti masuk tikungan, dan memungkinkan tingkat pengereman mesin mekanis disesuaikan dengan mengubah pegas sekunder. Dalam penggunaan di trek, dengan penutup kopling terbuka, peminat bisa menikmati suara klasik yang menjadi ciri khas motor balap Ducati.

Pijakan kaki yang dapat disesuaikan dari aluminium billet memungkinkan posisi berkendara disesuaikan dengan bentuk tubuh apa pun, dan memungkinkan penggunaan standar Ducati Quick Shift Up & Down, yang dapat dikonfigurasi baik sebagai girboks tradisional atau dengan pola balap.

Motor ini dilengkapi dengan kit siap pakai, yang mencakup tutup aluminium billet untuk melepas kaca spion*, kit pelepasan dudukan pelat nomor*, penutup kopling karbon terbuka* dan Ducati Data Analyzer + sistem akuisisi data.

Panigale V4 30th Anniversary 916 diresmikan pada hari pembukaan EICMA 2023, dengan acara internasional di stand Ducati di mana, hingga Minggu 12 November, dimungkinkan untuk melihat keseluruhan jajaran tahun 2024 dari pabrikan asal Borgo Panigale secara langsung.

Ducati secara resmi mengumumkan tanggal Pekan Ducati Dunia 2024. Penunjukannya, untuk semua penggemar, ditetapkan pada akhir pekan tanggal 26 – 28 Juli, seperti biasa di Sirkuit Dunia Misano “Marco Simoncelli”.

By Yanto

Komentar pembaca