Wahana Buka Pusat Pembelajaran Otomotif di SMKN 8 Tangerang

Jakarta – PT Astra Honda Motor dan PT Wahana Makmur Sejati, selaku main dealer motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang. Hadirnya bengkel AHASS di lingkungan SMKN 8 Kabupaten Tangerang ini, merupakan bagian dari program pusat pembelajaran (Teaching Factory).

Teaching Factory oleh Honda di SMKN 8 Tangerang ini, diharapkan dapat menyelaraskan antara kebutuhan industri dan pengembangan pendidikan vokasi. Khususnya teknik sepeda motor, di Tanah Air.

Sebagai Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, PT WMS turut terlibat dalam pelaksanaan dan monitoring SMK binaan AHM di wilayah Jakarta-Tangerang.

Nanang Suryana, PIC Pos AHASS TEFA SMKN 8 Kabupaten Tangerang mengatakan, SMKN 8 Kabupaten Tangerang adalah salah satu dari 56 SMK binaan PT AHM di wilayah Jakarta-Tangerang.

Konsep belajar TEFA, memang diterapkan pada Sekolah Binaan AHM yang telah bekerja sama dengan bengkel resmi AHASS.

Para mekanik di bengkel AHASS ini, merupakan pelajar sekolah tersebut dengan pengawasan dari AHASS Bes Tangerang.

Sejak pertama dibuka, bengkel ini telah menangani banyak sepeda motor Honda. Konsumen berasal dari murid dan guru serta masyarakat sekitar sekolah.

“Meski berada di lingkungan sekolah, konsumen tidak perlu khawatir. Operasional bengkel AHASS di sekolah ini, diawasi penuh oleh AHM juga main dealer Honda” Ujarnya

“Untuk mekanik di bengkel AHASS ini meski masih berstatus pelajar telah miliki sertifikasi kompetensi dari AHM” kata Nanang

Kemampuan mekanik dalam menangani perawatan dan perbaikan motor Honda di bengkel ini, memiliki standardisasi yang sama dengan AHASS lainnya.

“Mekanik kami meski masih berstatus pelajar, telah miliki kemampuan yang setara dengan mekanik di bengkel AHASS lainnya. Karena, mekanik kami ini telah melalui beragam ujian yang dilakukan AHM” jelas Nanang.

Mekanik Pos AHASS TEFA SMKN 8 terdiri dari pelajar sekolah dengan pengawasan dari AHASS Bes Tangerang, dengan fokus pada layanan purnajual.

Tefa merupakan program terbaru melengkapi Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Honda untuk berikan pengetahuan tidak hanya perihal teknis namun sekaligus bisnis bengkel untuk SMK binaan Honda.

Lewat Tefa kini siswa SMK dapat mengetahui manajemen bisnis bengkel Astra Honda Motor Authorized Service Station (AHASS).

Wahana Honda kini miliki 56 SMK binaan yang tersebar diberbagai wilayah Jakarta dan Tangerang.

Tidak menutup kemungkinan jumlah ini akan bertambah kedepannya demi dukung penuh kebijakan Vokasi dunia pendidikan yang digulirkan pemerintah.

Komentar pembaca