Peran Penting Kepolisian Menanggulangi Balap Liar Di Ibu Kota

Advertisements

BogorPelanggaran balap liar semakin hari semakin sering terjadi, yang mana balapan liar tersebut sangat mengganggu aktivitas berkendara di jalanan raya.

Peranan aparat Kepolisian sangat sentral sebagai ujung tombak dalam menanggulangi aksi balapan liar yang dilakukan oleh para remaja di Kota Bogor, tepatnya di Tol pojok Karanggan.

Upaya penanggulangan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian, dapat dengan cara atau upaya yang bersifat preventif dan represif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan, dari aparat Kepolisian dalam menanggulangi aksi balap liar kalangan remaja di Kota Bogor.

Melakukan razia terhadap pelaku balapan liar, memberi pembinaan berupa teguran dan peringatan kepada remaja pelaku balapan liar agar jangan mengulangi perbuatan tersebut, di rasa masih belum efektif, ini dapat dilihat dari semakin maraknya aksi balapan liar yang terjadi di Kota Bogor.

Banyak faktor penghambat yang mempengaruhi upaya penanggulangan aksi balapan liar tersebut, seperti kurangnya personil aparat Kepolisian yang disiagakan, kurangnya kesadaran taat hukum dari para remaja pelaku balapan liar. Tidak adanya srikuit balapan liar dan jarangnya perlombaan balapan resmi yang diadakan di Kota Bogor.

Sering padamnya lampu penerangan jalan, sanksi hukum yang diberikan tidak memberikan efek jera, dan tidak efektifnya peranan orang tua untuk mencegah anak-anaknya melakukan aksi balapan liar.

Pengaturan mengenai balapan liar ini sebenarnya telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Tentang Lalu Lintas dan angkutan Jalan, dalam undang-undang tersebut juga sudah diatur.

Sanksi berat kepada setiap pelaku aksi balapan liar, akan tetapi pada perakteknya sanksi yang diberikan masih sangat ringan dan tidak memberikan efek jera kepada remaja pelaku balapan liar tersebut.

Para remaja pelaku balapan liar ini harus benar-benar di bina oleh pihak-pihak terkait seperti orang tua, pihak Kepolisian, sekolah, dan pemerintah agar bisa bekerjasama untuk menekan perkembangan balapan liar ini kedepannya.

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE