• 19 Juli 2024 03:05

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

1 Miliar Euro

Jakarta – Vespa, brand dengan hubungan dan ikatan relevansi dengan banyak orang di seluruh dunia serta telah dianggap sebagai ikon gaya hidup, resmi menyentuh valuasi lebih dari 1 miliar euro (tepatnya 1,079 miliar euro). Angka tersebut naik 19% dibanding valuasi sebelumnya yang mencapai 906 juta euro pada 2021.

Manfredi Ricca, Global Chief Strategy Officer Interbrand mengatakan, Vespa tak ubahnya sebuah warisan, namun ia konsisten berevolusi. Lahir sebagai brand klasik khas Italia, Vespa telah dicintai di seluruh dunia. Sebagai brand premium, Vespa juga inklusif untuk semua kalangan.

“Valuasi kami bukan sekadar sederet angka yang menyimbolkan kesuksesan dari brand yang begitu diimpikan dan diminati ini, tapi juga menunjukkan bagaimana Vespa menghadirkan kebebasan dan kebahagiaan dalam hidup yang melampaui batas-batas mobilitas untuk masuk ke dunia yang baru” Ujarya

Dalam menentukan valuasi Vespa, Interbrand menerapkan metode penilaian eksklusif nan teruji dengan menggabungkan analisis finansial bersama data primer dan kuantitatif yang dikumpulkan lewat riset pasar secara global yang dilakukan di 10 pasar kunci dari Vespa, meliputi Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Thailand, Indonesia, Tiongkok, dan India.

Vespa mengukuhkan kepemimpinannya di pasar Eropa dan semakin memperoleh relevansi di Amerika Serikat dan Asia dengan memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan, khususnya di Indonesia di mana Piaggio Group membuka pabrik baru untuk pasar lokal negara tersebut belum lama ini.

Vespa telah dianggap lebih dari sekadar skuter – hal ini menunjukan dua hal sekaligus secara global, yaitu peluang bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri di dalam lingkungannya dan produk yang lekat dengan rekreasi dan hiburan.

Kolaborasi tingkat global bersama Dior, film Disney Pixar bertajuk Luca, Justin Bieber, Lego, dan yang terkini dengan Mickey Mouse, turut memperkuat DNA unik dari Vespa.

Temuan ini tidak hanya menunjukkan kedekatan brand ikonis ini dengan pelanggannya, tapi juga kemampuan Vespa untuk menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan yang seluruhnya terwujud melalui inisiatif yang beda dan inovatif.

Singkatnya, Vespa menegaskan dirinya sebagai brand fashion-lifestyle pada kendaraan roda dua yang bergerak menuju masa depan dengan strategi yang jelas, dan telah diikuti serta dicintai oleh jutaan penggemarnya di seluruh dunia.

Elemen lain yang perlu mendapat perhatian adalah momentum besar Piaggio Group yang pada 2022 mencatatkan tonggak sejarah dengan meraih pendapatan senilai 2 miliar euro untuk pertama kali sepanjang sejarahnya, tumbuh 25% dibanding tahun sebelumnya.

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

Komentar pembaca