• 13 Juli 2024 01:12

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Vespa ElettricaTest Ride Motor Listrik Vespa Elettrica (Foto: lensautama)

Jakarta – Vespa Elettrica pun lahir dengan berbagai keunikan serta warisan nilai Vespa yang sepenuhnya berada dalam bentuk kendaraan listrik yang menjadikannya tetap ikonik khas Italia sekaligus ramah lingkungan.

Pada kesempatan kali ini PT Piagio Indonesia membuka kesempatan kepada sejumlah media untuk mencicipi langsung motor listrik Vespa Elettrica hadir untuk memberikan pengalaman berkendara yang senyap, ramah lingkungan.

Tim dari lensautama.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba berkeliling di area parkir Main Atrium, Pondok Indah Mall 2 Jakarta Selatan.

 

Test Ride Vespa Elettrica
Tim dari lensautama.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba berkeliling di area parkir Main Atrium, Pondok Indah Mall 2 Jakarta Selatan (Foto: lensautama)

 

Vespa Elettrica dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum sekitar 67 km/jam. Mobilitas ini didukung oleh optimalisasi pada sejumlah komponen, seperti Power Unit, Vehicle Management System, dan baterai.

Daya jelajah Vespa Elettrica dapat menjangkau hingga 100 km dalam mode ECO, serta jarak maksimal 70 kilometer dalam mode POWER, berkat fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya.

Fitur ini juga memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara. Selain itu, untuk mengisi daya secara optimal, pengguna cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok, di mana biasanya terletak tutup bahan bakar, dan menyambungkannya ke stop kontak langsung.

Konsumen juga bisa memasangkan kabel ke stasiun pengisi daya publik yang kini jumlahnya semakin bertambah di kota-kota besar. Waktu standar yang dibutuhkan untuk pengisian penuh adalah setidaknya 4 hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian).

Sementara Power Unit di dalam Vespa Elettrica mampu memberikan daya sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sekitar 200 Nm.

Faktanya, berkendara dengan Motor Listrik Vespa Elettrica benar-benar senyap sehingga membantu mengurangi kebisingan kota dan lebih layak huni, mengurangi polusi termasuk polusi suara.

Vespa Elettrica mudah dan ramah pengguna, motor dan baterai Vespa Elettrica sepenuhnya bebas perawatan. Baterainya memberikan efisiensi yang sangat baik, yaitu hingga 1000 siklus pengisian penuh.

Bahkan setelah itu, baterai masih mempertahankan 80% kapasitasnya dan tetap dapat digunakan dengan sempurna. Terletak di bawah kompartemen helm, battery pack ini tidak mengorbankan fungsionalitas kompartemen jok Vespa Elettrica.

Vespa Elettrica menawarkan dua pilihan berkendara sesuai dengan kebutuhan penggunanya, yakni mode Power dan ECO. Namun, terdapat juga mode Reverse untuk memudahkan pengendalian mundur saat bermanuver atau parkir.

Mode Power sendiri adalah riding mode yang sepenuhnya memanfaatkan tenaga motor. Dengan mode ini pengendara dapat mencapai kecepatan hingga 67 sampai 70 km/jam tergantung kondisi jalan dan bobot pengendara, sedangkan ECO mode dimaksudkan untuk menghemat energi, memperpanjang usai baterai dengan membatasi kecepatan hingga 40 km/jam.

Motor Listrik Vespa kompatibel dengan sistem VESPA MIA yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth.

Dengan teknologi yang disematkan ini, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi utama kendaraan seperti kecepatan, mode berkendara, jarak tempuh yang tersisa dalam km, serta tingkat pengisian baterai (%).

Skuter ini dijual dengan harga yakni Rp198 juta untuk on the road DKI Jakarta

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca