• 29 Maret 2024 16:45
Jangan Pernah Membersihkan Busi Menggunakan Sikat Kawat
JakartaBusi merupakan elemen penting dalam kendaraan. Fitur ini berfungsi sebagai pengapian dan pendongkrak performa mesin dan untuk meningkatkan performa mesin, banyak orang yang memangkas kepala busi padahal itu membawa kerugian pada sepeda motor.

Mereka biasanya memangkas elektroda ground (kepala busi) yang berbentuk lekukan di atas elektroda pusat guna mempercepat penyebaran api.

Teknik ini biasanya disebut bypass dengan harapan api dapat bersentuhan langsung dengan bahan bakar dan udara yang terkompresi tanpa ada hambatan, atau menekan efek quenching.

Dengan memotong ujung elektroda membuat akselerasi kendaraan lebih meningkat, namun hal itu hanya sesaat, setelahnya justru merugikan.

Pemotongan elektroda akan membuat posisi awal terbentuknya api mengalami pergeseran sehingga api menjadi lebih cepat membesar karena efek quenching lebih sedikit.

Dengan terjadinya pergeseran titik pengapian, mengakibatkan elektroda yang menerima percikan listrik menjadi tidak fokus dan menyebabkan keausan pada kedua elektroda.

Bila terjadi keausan berpotensi menimbulkan penumpukan karbon menjadi lebih cepat yang lama kelamaan membuat umur pemakaian busi lebih singkat. karena, busi standar berbahan nickel yang artinya akan lebih cepat terjadi keausan dibandingkan dengan bahan logam mulia.

Setiap modifikasi yang dilakukan pada busi standar akan menimbulkan efek positif dan negatif, sebaiknya bila ingin mendapatkan efek pengapian yang lebih sempurna disarankan menggunakan busi berbahan logam mulia, seperti G-Power atau Iridium IX.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca