• 19 April 2024 10:15

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Kunjungi Sekolah Binaan, Direktur Astra Melihat Program Pendidikan yang Berdampak Bagi Sekolah

Kunjungi Sekolah Binaan

Jakarta

Jakarta – Dalam rangka melihat hasil pembinaan kontribusi sosial bidang pendidikan yang dilakukan Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim, Direktur Astra Gita Tiffany Boer melakukan Kunjungi Sekolah Binaan Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim.

Direktur Astra melihat secara langsung program yang berdampak bagi sekolah, yang dimana sekolah binaan area Yogya sudah memasuki tahapan sekolah unggul. Di antara 121 sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim, kali ini Direktur Astra berkunjung ke salah satu sekolah diantaranya SDN 1 Ciren dan SMKN 1 Pandak di Bantul.

Dalam kunjungan tersebut warga sekolah SMKN 1 Pandak menyambut dengan baik Direktur Astra, dan diajak berkeliling sekolah serta melihat proses produksi tepung mokaf, kemudian menuju ruang praktik APHP melihat siswa siswi praktek menggunakan alat – alat yang sudah didonasikan oleh Astra.

Hasil produk pembinaan dari YPA-MDR di SMKN 1 Pandak berupa bawang goreng, minuman instan dari rempah – rempah, bakery, serta ayam ungkep. Di sisi lain SMKN 1 Pandak merupakan salah satu sekolah program “Pusat Keunggulan” yang sudah terpilih oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud.

SDN Ciren pun menyambut baik Direktur Astra dengan penampilan siswa membatik di beranda batik (batik ecoprint), kemudian diajak menuju lokasi produk unggulan berupa budidaya jamur tiram serta hidroponik yang saat ini menjadi program unggulan. Tidak hanya SMK 1 Pandak, SDN Ciren juga lolos seleksi dan terpilih sebagai Sekolah Penggerak yang dimana sudah terdapat penerapan kurikulum merdeka.

“Sekolah binaan tidak hanya sekedar sekolah yang berada di daerah tertinggal, namun kami melihat upaya dan potensi sehingga kami melakukan pembinaan agar sekolah yang berada di daerah tertinggal dapat bersaing dengan sekolah di daerah perkotaan dan mendapat Pendidikan yang layak” ujar Gita Tiffany Boer

YPA-MDR akan terus berkontribusi untuk memajukan Pendidikan di daerah tertinggal dengan berfokus pada pola pembinaan 4 pilar. Dengan adanya pembinaan maka sekolah mempunyai kesempatan yang sama untuk menikmati Pendidikan.

YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah tertinggal dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera. Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 121 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 14 Kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunungkidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao dan Manggarai Timur.

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

Komentar pembaca