• 29 Mei 2024 00:09

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Aman dan Nyaman Ala CARSOME

Membeli Mobil Bekas

Jakarta – Membeli mobil bekas dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi. Di Indonesia sendiri, minat konsumen terhadap mobil bekas terus mengalami peningkatan.

Sejak awal 2022, penjualan mobil bekas terpantau naik hingga 40% seiring membaiknya daya beli masyarakat dan meningkatnya pemulihan ekonomi nasional.

Donald Rachmat, General Manager CARSOME Certified Indonesia mengatakan, membeli mobil bekas seringkali dianggap boros biaya, khususnya untuk perbaikan dan perawatan. Padahal, jika kita memahami hal-hal penting apa saja yang perlu diperhatikan, membeli mobil bekas bisa menjadi keputusan yang
sangat ideal.

“Memahami kesulitan yang sering dihadapi konsumen, CARSOME menyediakan beragam pilihan mobil bekas berkualitas yang telah
melalui proses rekondisi berstandar tinggi untuk memenuhi semua kebutuhan dan kenyamanan pelanggan” ujar Donald

Untuk memastikan konsumen mendapatkan mobil impian yang berkualitas, aman dan nyaman sesuai dengan kebutuhan danbekas preferensi, CARSOME, platform e-commerce mobil terintegrasi di Asia Tenggara, berbagi 4 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil bekas.

Poin utama dalam membeli mobil bekas adalah kondisi mesin. Untuk memastikan hal ini, pembeli dapat melihat rekam jejak servis pemilik sebelumnya. Apabila mobil bekas masih berusia di bawah 5 tahun, biasanya pemilik sebelumnya masih rutin melakukan servis ke bengkel resmi. Hal ini dapat dipastikan berdasarkan buku servis yang didapat dari pabrikan.

Sebelum membeli mobil bekas, lakukan test drive dan pastikan mobil berjalan dengan baik. Lakukan pengecekan saat berakselerasi, juga saat pindah gigi manual maupun otomatis.

Periksakan bagian cairan seperti oli mesin, minyak rem, dan radiator, untuk memastikan tidak ada kebocoran dan masih dalam kondisi baik. Jangan lupa periksakan kondisi baterai aki untuk memastikan tegangan voltase masih
normal.

Bagian lain yang juga wajib diperiksa adalah kaki-kaki alias suspensi. Tidak hanya kondisi ban atau velg, namun juga shockbreaker dan komponen dalam lainnya. Bagian ini juga dapat diuji ketika melakukan test drive melewati polisi tidur atau jalanan agak rusak.

Bila bantingannya terasa terlalu kencang atau
terlalu pelan, maka terdapat kemungkinan komponen yang bermasalah dan harus melalui proses pengecekan lebih lanjut di bengkel spesialis kaki-kaki, hal ini untuk memastikan komponen-komponen yang harus diganti atau masih dapat digunakan.

Umumnya, komponen seperti filter AC harus dibersihkan apabila kotor. Namun, pada kondisi yang sudah terlalu parah, maka komponen tersebut harus diganti. Kerusakan terparah pada komponen AC adalah kompresor yang sudah rusak dan harus diganti, atau freon yang kerap harus diisi.

Membeli mobil bekas secara online memberikan kemudahan untuk membandingkan banyak pilihan, sehingga calon pembeli dapat menganalisa kondisi mobil secara keseluruhan sesuai dengan budget yang tersedia.

CARSOME menawarkan mobil berkualitas yang disebut CARSOME Certified Car, yang menghadirkan layanan yang terpercaya, transparan, dan memiliki ragam pilihan bagi konsumen, khususnya bagi mereka yang awam otomotif.

Melakukan pengecekan sendiri juga akan membantu Anda untuk menentukan mobil bekas yang paling sesuai untuk mendukung mobilitas Anda.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca