• 19 April 2024 05:43

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Hadir Mendukung Pemerintah Indonesia, Carsome Luncurkan Lembaga Pelatihan Carsome Academy

Jakarta – Carsome adalah platform e-commerce mobil terintegrasi terbesar di Asia Tenggara. Beroperasi di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura, Carsome memiliki misi untuk mendigitalisasi industri mobil bekas di kawasan ini dengan meredefinisi ulang dan meningkatkan pengalaman jual beli dan kepemilikan mobil.

Carsome secara resmi membuka lembaga pelatihan bersertifikat dan berorientasi industri di Indonesia, Carsome Academy. Kurikulum pelatihan ini menggabungkan pelatihan pendidikan serta keterampilan teknis dengan menerapkan rasio 70:30 dari pelatihan industri dan praktik teori secara hybrid dari pengajar bersertifikat dan berstandar internasional.

Kehadiran Carsome Academy di Indonesia diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam menjawab isu ketenagakerjaan, mengingat tingginya kemampuan daya serap lapangan kerja sektor otomotif di Indonesia.

Hadir Mendukung Pemerintah Indonesia, Carsome Luncurkan Lembaga Pelatihan Carsome Academy (Foto: Dok)

 

Menurut Survei Ketenagakerjaan Nasional (Sakernas) 2020, pedagang eceran dan reparasi kendaraan adalah sektor penyedia lapangan kerja tertinggi kedua di Indonesia, dengan kontribusi hampir 20% dari keseluruhan sektor .

“Pemberian program upskilling dan reskilling bagi generasi muda calon tenaga kerja, khususnya tingkat umum atau vokasi, merupakan salah satu strategi utama untuk memberdayakan mereka guna menyukseskan implementasi industri 4.0” Ujar Moh. Saeful Hasan, ST. MT, Kepala Seksi Perizinan Lembaga, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

“Kami menyambut baik hadirnya Carsome Academy yang telah mendukung agenda nasional dalam menyiapkan tenaga siap kerja melalui Diklat Kejuruan Teknis (TVET), khususnya di bidang inspeksi kendaraan” ungkapnya

“Carsome, sebagai platform e-commerce mobil bekas terintegrasi terbesar di Asia Tenggara, berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri mobil bekas di kawasan tempat kami beroperasi, termasuk Indonesia, sehingga dapat mendorong ekonomi nasional” Ujar Jiun Ee Teoh, Co-Founder Carsome dan CEO Carsome Academy.

Komitmen ini salah satunya kami wujudkan melalui Carsome Academy, dengan menciptakan tenaga kerja tersertifikasi serta terampil didukung tenaga ahli dengan pengalaman di tingkat regional dan global yang kami miliki” tambahnya

Carsome Academy akan memberikan pelatihan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat berusia 18 tahun ke atas untuk menjadi inspektur kendaraan andal yang memiliki keterampilan bertaraf internasional untuk siap bersaing.

Lulusan Carsome Academy akan dibekali dengan pendidikan teknis selama tiga bulan melalui modul yang diberikan secara hybrid, serta enam bulan pelatihan praktik di Carsome. Selain itu, Carsome juga memberikan peluang bagi lulusan Carsome Academy untuk bekerja di Carsome.

“Kehadiran Carsome Academy di Indonesia merupakan bagian dari strategi jangka panjang Carsome untuk menciptakan ekosistem kepemilikan mobil terintegrasi di Indonesia” kata Andrew Mawikere, CEO Carsome Indonesia.

“Kami juga mendukung terbentuknya tenaga kerja berketerampilan tinggi yang kompetitif untuk membentuk tenaga kerja yang siap pakai di industri guna mendorong kemajuan sektor otomotif tanah air” jelasnya

Dalam rangka peluncuran Carsome Academy di Indonesia, Carsome memberikan beasiswa kepada 30 orang pelajar. Carsome akan menyediakan opsi pendanaan melalui kerjasama dengan Edufund dan program beasiswa bagi pelajar pada angkatan berikutnya.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca