• 29 Maret 2024 08:25

TALKINC Bantu Anak Muda Dobrak Imajinasi Tanpa Batas

Jakarta – Kesehatan mental merupakan salah satu isu yang perlu dijaga oleh generasi muda agar tetap produktif dan kreatif. Bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional dan 17 tahun berdiri, TALKINC selenggarakan rangkaian kegiatan bertajuk “Unlocking Limitless Imagination” sejak tanggal 17 September sampai 27 November 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu generasi muda dalam mengembangkan potensi diri menuju stabilitas mental dalam menghadapi segala perubahan dan tantangan hidup pasca pandemi.

Menurut UNICEF secara global dalam laporan The State of the World’s Children 2021, terdapat 1 dari 5 anak muda responden usia 15-24 tahun menyatakan sering merasa depresi yang berdampak pada rendahnya minat untuk berkegiatan.

Sementara itu 29% anak muda di Indonesia sering merasa tertekan atau memiliki sedikit minat untuk melakukan kegiatan. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) menyatakan sebanyak 68% dari 1.522 responden mengaku mengalami gangguan kecemasan.

“Mereka adalah generasi yang penuh kreatifitas dan ide-ide besar. Karena keunikan karakteristiknya, mereka punya tantangan tersendiri yakni adanya krisis dari dalam diri sehingga menimbulkan rasa kecemasan. Situasi ini diperberat dengan adanya pandemi COVID-19 berkepanjangan, sehingga berdampak pada kehidupan mereka sehari-hari” Ujar Erwin Parengkuan, Founder dan CEO dari TALKINC.

Penderita gangguan kecemasan juga berdampak pada berkurangnya rasa percaya diri, mudah marah, stres, sulit berkonsentrasi dan menjadi penyendir.

“Tanpa dipungkiri bahwa pandemi ini menjadi hantaman psikologi yang cukup berat bagi kita semua khususnya generasi milenial dan Z. Disaat mereka sedang tumbuh dan berkembang mengejar target-target mereka, lalu dihadapkan dengan situasi yang tidak menentu dalam waktu yang panjang” ungkap Tara de Thouars selaku Psikolog Klinis.

“Cara sederhana dalam meminimalisir kecemasan yaitu kita perlu memahami bahwa kecemasan hanya pikiran and tidak merepresentasikan kenyataan. Coba untuk fokus pada kehidupan saat ini, dan mencoba berdamai pada sesuatu hal yang tidak pasti. Hal terpenting adalah belajar menerima kenyataan, dan berhenti untuk membandingkan diri kita dengan orang lain” Imbuhnya

TALKINC turut ambil bagian dalam mengatasi gangguan kecemasan dengan memberikan edukasi melalui pelatihan webinar, sehingga diharapkan mampu memberikan dorongan kepada generasi muda untuk dapat menggali potensi diri yang lebih dalam untuk mendobrak batasan imajinasi.

Wujud komitmen TALKINC dalam menyuarakan semangat bagi masa depan mental dan Pendidikan anak-anak di Indonesia salah satunya melalui donasi kepada SOS Children’s Villages sebesar Rp 50.000.000,-.

“Mari bersama-sama kita ciptakan lingkungan yang sehat dan pola hidup seimbang untuk menjaga kesehatan mental. Melalui mental yang sehat, diharapkan generasi muda siap menyambut Indonesia Emas 2045 dengan menghadirkan imajinasi tanpa batas” Jelas Erwin.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca