• 27 Juli 2024 10:14

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Makassar, 4 November 2021 – Sebanyak 820 peserta di Makassar, Sulawesi Selatan mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 4 November 2021.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Beralih ke sesi pemaparan, materi pertama dibawakan oleh Muhammad Habibi yang mengangkat tema “Informasi, Identitas dan Jejak Digital dalam Media Sosial”.

Frisky Aulia mengatakan, media sosial merupakan hal yang tidak luput dari aktivitas masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain dampak positif, media sosial juga memiliki sisi negatif, salah satunya adalah ujaran kebencian yang merupakan salah satu bentuk dari perundungan digital.

“Ujaran kebencian dan perundungan digital bisa menyebabkan gangguan mental. Ini merupakan suatu kondisi di mana seseorang merasakan gejala-gejala mulai dari rasa cemas berlebihan, ketakutan, dan kesedihan berlarut yang menyerang fisik maupun psikis serta berhubungan dengan emosi” Ujarnya

“Terdapat beberapa sikap yang perlu dimiliki oleh setiap pengguna media sosial, di antaranya berhati-hati saat mengunggah, meninggalkan debat yang tidak solutif, serta tidak berkomentar provokatif” kata Nur Khaerah

“Bentuk kejahatan di media sosial bervariasi, mulai penipuan digital, peretasan akun, penguntitan siber, pencurian identitas, hingga perundungan digital. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan melindungi data pribadi dan membuat kata sandi yang kuat” jelas Shinta Fenanda Putri

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

Komentar pembaca