Jendela Otomotif Indonesia

Mengubah Pola Konsumtif Menjadi Produktif Dengan Pemahaman Literasi Digital

0

Jakarta – Sebanyak 729 peserta antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” yang dilaksanakan secara virtual pada 20 Agustus 2021 di Bombana, Sulawesi Tenggara, dengan pembahasan tema “Sejahtera Lewat Dunia Digital”.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi diselenggarakan dengan menargetkan 57.550 peserta.

Acara dibuka dengan sambutan penuh semangat dari Presiden Republik Indonesia Joko, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” tutur Presiden.

Yusuf menjelaskan peran lokapasar dalam perkembangan transaksi digital, di antaranya membantu UMKM memasarkan produk, sehingga dapat bertahan di masa pandemik; memiliki banyak program promosi, sehingga mampu menjadi daya tarik bagi konsumen; aman untuk bertransaksi; dan mudah digunakan.

Rendra menuturkan bahwa kegiatan usaha daring diatur dalam beberapa peraturan di Indonesia yaitu UU Perdagangan No 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU ITE, serta PP No 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

“Perilaku konsumtif memiliki dampak negatif, seperti terjebak hutang, tidak punya tabungan, munculnya perilaku hedonisme, serta menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang” ungkap Jessica.

“Beberapa cara untuk melindungi diri agar tidak melakuan tindakan pelanggaran hak cipta, seperti memastikan konsep dan ide usaha diciptakan sendiri, tidak asal mengambil konten di internet untuk kebutuhan komersial, dan memastikan foto produk yang dijual merupakan foto sendiri” jelas Abdul Rajab.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta.

Komentar pembaca