Jendela Otomotif Indonesia

Jaga Kerahasiaan Data Transaksi Daring

0

Jakarta – Sebanyak 673 peserta di Enrekang, Sulawesi Selatan paa hari ini (20/8) antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini membahas tema “Lindungi Diri, Pahami Fitur Keamanan Digital”. Adapun kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Menurut Diana, kemudahan bertransaksi digital harus dibarengi kehati-hatian seperti merahasiakan dan mengganti berkala nomor PIN. Selain itu, aktifkan juga notifikasi transaksi, hindari Wi-Fi publik, jual gawai secara aman, unduh aplikasi resmi, dan laporkan jika ada hal mencurigakan.

“Untuk mewaspadai strategi nakal penjual daring, kita harus membaca detail deskripsi produk. Jika tak sesuai dengan kesepakatan, laporkan atau berikan ulasan dan rating rendah kepada akun penjual nakal agar orang lain tidak tertipu” ungkap Adhitya

“Pembayaran non tunai di Indonesia berkembang seiring kemajuan teknologi digital dan budaya daring era pandemi. Keabsahannya diatur dalam UU ITE dan Perlindungan Konsumen, di mana pembayaran bisa dilakukan lewat transfer bank, toserba, maupun dompet digita” ujar Hardiyanty.

“Penipuan daring mulai dari rekayasa sosial hingga pencurian identitas dapat dihindari dengan tidak mudah tergiur penawaran tak wajar, serta teliti terhadap tampilan laman dan nomor kontak mencurigakan. Penting juga untuk menggunakan kata sandi kuat, verifikasi ketat, serta menjaga data pribadi” jelas Ika.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca