• 27 Juli 2024 11:23

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” kali ini membahas tema “Lindungi Diri, Pahami Fitur Keamanan Digital”. Kegiatan ini secara virtual pada 18 Agustus 2021 di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Diikuti oleh 673 peserta dari berbagai kalangan umur dan profesi. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif.

Menurut Sarah Lolita Simanjuntak; Wakil Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, di tengah digitalisasi yang kian pesat dalam berbagai aspek kehidupan, masyarakat pengguna teknologi harus semakin waspada dengan meningkatkan pengetahuan tentang data yang harus dilindungi.

“Dalam bertransaksi secara daring, cermatilah kebijakan situs terhadap data pribadi konsumen, perhatikan ulasan konsumen dan keamanan situs, serta simpan bukti transaksi. “Jagalah keamanan data dan transaksi digital anda” kata Eko.

“Legalitas transaksi digital mencakup perlindungan hukum berdasarkan perjanjian, UU Perlindungan Konsumen, dan alat bukti elektronik. Sementara agar aman membayar tagihan daring, pastikan hanya mentransfer ke rekening resmi, periksa nama dan nominal, hindari layanan ilegal, serta jaga kerahasiaan informasi tagihan” papar Amanda

“Berbagai jenis penipuan terutama di masa pandemi yang harus diwaspadai mulai dari pengelabuan hingga pencurian informasi data-data kartu” jelas Nyoman

“Untuk menghindarinya, perkuat kata sandi, gunakan verifikasi dua langkah, perbarui diri dengan informasi mengenai penipuan dan keamanan digital, waspadai surel pengelabuan, serta lakukan unlink device atau hapus data di aplikasi gawai lama” tegasnya

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

By isnawati

Gadis kelahiran tahun 1995 lulusan UNPAM, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya karena tertular sang suami yang menjadi penulis di sebuah media lokal

Komentar pembaca