Jendela Otomotif Indonesia

Kuasai Teknologi dan Pintar Hindari Berita Bohong

0

Jakarta – Sebanyak 860 peserta antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” secara virtual pada 18 Agustus 2021 di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema yang dibahas adalah “Bersama Lawan Kabar Bohong”.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Jumadi Mappanganro mengatakan, setiap unggahan di media sosial dan aktivitas di internet akan menghasilkan jejak digital dan sulit dihapus itu sebabnya, hindari menyebarkan data pribadi serta bijak dalam mengunggah konten apapun di media sosial.

“Informasi yang termasuk kategori berita bohong atau hoaks, antara lain berita yang berpotensi membodohkan atau bertujuan mengarahkan isu tertentu, judul atau foto berbeda dengan isi berita, konten yang keliru konteksnya, serta informasi asli yang dimanipulasi dan menyesatkan” ujar Stefanus Pramono.

Menurut Levlane JH Lotulung, hoaks juga bisa diartikan sebagai upaya pemutarbalikan fakta menggunakan informasi yang seolah-olah meyakinkan, tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

“Penerapan internet sehat bertujuan agar privasi warganet tetap terjaga keamanannya. Untuk menghindari risiko perundungan siber dan berita hoaks, jangan lupa untuk selalu logout setelah membuka surel atau akun media sosial, aktifkan pengaturan privasi, membuat kata sandi yang rumit, tidak membuka tautan tak dikenal, serta hindari penggunaan wifi publik” jelas Beyon Destiano.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca