Jendela Otomotif Indonesia

Lawan Hoaks dengan Etika dan Kontrol Diri

0

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 3 Agustus 2021 di Selayar, Sulawesi Selatan.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Kegiatan kali ini diikuti sebanyak 793 peserta. Adapun tema kali adalah “Bersama Lawan Kabar Bohong”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari inisiator 1000 Guru Sulawesi Selatan Andi Appi Patongai, jurnalis dan Sekretaris PWI Jaya DKI Jakarta Kesit B Handoyo, Duta Literasi Digital Sulawesi Selatan Upi Asmaradhana, serta narablog dan Sociopreneur Reh Atemalem.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Kesit B Handoyo yang membawakan tema “Melek Teknologi dan Etika Berkomunikasi di Medsos”. Dia menyatakan, etika komunikasi yang baik dalam bermedia sosial menjadi kunci bagi seseorang agar tidak terjebak dalam situasi yang merugikan diri sendiri, baik sekarang maupun di kemudian hari.

“Setiap informasi yang masuk, 10 menit pertama informasi itu tidak boleh diapa-apakan. Pelajari dulu, cek dan telusuri sumbernya. Harus dilihat dulu secara utuh,” tandasnya” ujar Upi Asmaradhana.

Reh menggarisbawahi pentingnya menggunakan identitas asli ketika akan berkomentar atau berpendapat. “Penggunaan identitas palsu cenderung membuat kita kurang berhati-hati saat meninggalkan komentar. Jadi, kita seperti berlindung di balik identitas palsu itu.

Andi menjelaskan, kontrol diri penting untuk mengantisipasi dampak negatif internet. “Harus punya kontrol diri dalam menggunakan dan membagikan informasi, serta berkomentar atau menanggapi informasi di internet atau media sosial.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca