xnxx Batik Betawi "Ondel-Ondel" di Batik Betawi Shop - LensaUtama

Batik Betawi “Ondel-Ondel” di Batik Betawi Shop

Jakarta – Batik identitas bangsa Indonesia. Beragam motif batik mencirikan asal dari daerah. Kita tahu ada batik Jogja, Cirebon, Bali, Kalimantan, Sulawesi, NTT, NTB, dan masih banyak lagi. Kali ini ingin mengulik batik khas Betawi khususnya motif ondel-ondel, ikon Jakarta yang sangat terkenal itu.

Batik Betawi Shop ada dari tahun 2014 yang memang bergerak di usaha pembuatan kain batik Betawi di bawah naungan CV. Buana Citra Indonesia. Dimana ingin memperkenalkan kain batik Betawi yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau sekaligus turut melestarikan salah satu ikon budaya Betawi, yaitu ondel-ondel.

“Salah satu ciri khas kain batik Betawi produk Batik Betawi Shop adalah gambar ondel-ondel” tutur Anna pemilik sekaligus konseptor dari Batik Betawi Shop menjelaskan.

Produk -produk yang dihasilkan Batik Betawi Shop bukan hanya berupa kain batik Betawi, busana batik Betawi tapi juga ada cenderamata khas Jakarta.

Produk kain batik Betawi terdiri dari batik cap, batik kombinasi cap dan tulis, dan batik tulis. Ada juga busana batik Betawi terdiri dari kemeja, blus, hem, jaket, kain ujung serong dan cukin/syal.

Adapun cindermata khas Jakarta terdiri dari patung ondel-ondel, miniatur rumah Betawi, tas, sandal, sepatu, masker, pot lukis ondel-ondel, aquarium lukis ondel-ondel dan kerajinan lainnya yang memanfaatkan perca kain batik Betawi. Pokoknya lengkap bisa menjadi oleh-oleh buat di bawa pulang bagi tamu yang datang.

“Kualitasnya sangat baik. Karena mutu sangat dperhatikan dengan bahan baku yang bagus ,” kata Anna yang juga membuat merk dagang Batik Betawi Shop merupakan ide dari beliau.

Lebih lanjut Anna menjelaskan, yang menjadi kelebihan produk-produk di Batik Betawi Shop dimana pembuatan kain batik produk batik Betawi Shop mengutamakan kualitas, yaitu menggunakan bahan yang bagus, desain yang indah, pewarnaan yang menawan dan setiap lembar kain batik panjangnya 2.5 meter. Terpenting harga produk kain batik di sini dijual cukup murah, sehingga bisa terjangkau oleh lapisan segmen pasar.

“Untuk membuat kain batik menggunakan bahan jenis kain katun, kain satin dan kain dobi. Sedangkan untuk membuat cinderamata khas Jakarta menggunakan kain batik Betawi, perca batik, kayu, kaca dan keramik,” ujar Anna yang mendapatkan ide kreatif dalam mendesain dari hasil orientasi lapangan, yaitu trend model yang sedang diminati oleh konsumen dan melihat perkembangan di finterest.

Anna juga ikut terlibat sebagai fashion designer, dengan ide-ide untuk membuat model atau motif batik saya gambar, kemudian diolah oleh juru gambar dengan menggunakan komputer.

Walau setahun belakangan ini mengalami penurunan dalam penjualan, tapi Batik Betawi Shop masih berharap agar kegiatan ekonomi bisa berjalan normal kembali dan daya beli masyarakat meningkat, pastinya bisa meningkatkan penjualan produk Batik Betawi Shop.

Komentar pembaca