Di Seri Balap Grand Prix Spanyol 2020, Max Verstappen Raih Podium Kedua

Advertisements
JakartaMax Verstappen berhasil meraih hasil finis podium lagi di musim balap F1 2020. Ia berhasil di posisi kedua yang otomatis menambah koleksi podium serta poin untuk timnya, Aston Martin Red Bull Racing pada Grand Prix Spanyol 2020.

Sebelumnya pada babak kualifikasi, Max mendapatkan tempat ketiga dan membuat awal yang sangat baik dan melaju di depan Valtteri Bottas di tikungan pertama serta memberikan tekanan pada Lewis Hamilton di pada awal lomba.

Di sirkuit Catalunya yang terkenal sulit untuk menyalip, Max dapat meraih posisi kedua dan memilih strategi dengan melakukan dua pit stop menggunakan tipe ban medium pada lap 21 dan di lap 41.

Dua pit stop tersebut dilakukan pada waktu yang tepat dan sangat cepat sehingga menghasilkan kecepatan yang kuat untuk mengamankan posisi keduanya serta memperkuat posisinya di posisi kedua dalam F1 2020 ini hingga akhir nanti.

Alex Albon juga melakukan start yang cukup baik dari posisi keenam di grid, namun gagal melewati Valtteri Bottas di Tikungan 2 dan membuatnya bertahan di posisi yang sama saat ia memulai lomba.

Red Bull Racing memilih strategi alternatif bagi Alex dengan menggunakan ban keras dari lap 17 tetapi sayangnya itu tidak berhasil. Setelah melakukan beberapa pergerakan di tikungan pertama, Alex melakukan pemberhentian kedua untuk ban medium di lap 39 dan melaju sampai akhir. Pembalap asal Thailand tersebut akhirnya finis di posisi 8.

Pierre Gasly melakukan strategi balap yang sama dengan Alex Albon agar bisa finis di posisi sepuluh besar, sama seperti saat kualifikasi. Tim Scuderia Alpha Tauri mengikuti strategi Alex Albon dengan memulai dari ban lunak dan kemudian beralih ke ban medium pada lap 21 dan melakukan hal yang sama pada lap 43.

Sedangkan Daniil Kvyat harus melakukan pemberhentian keduanya di lap 46 saat mendapatkan penalti waktu 5 detik karena mengabaikan bendera biru. Karena itu, Daniil harus turun ke urutan 12 dan terpaut 6,7detik diluar sepuluh besar.

Dengan begitu, tim Aston Martin Red Bull Racing tetap berada pada posisi kedua pada klasemen konstruktor dengan perolehan 135 poin dan tim Scuderia AlphaTauri berada di posisi ketujuh dengan perolehan 16 poin.

Komentar pembaca