Jajaran Solusi IoT Andalan di Ajang Bosch ConnectedWorld 2020

Advertisements
JakartaBosch ConnectedWorld 2020, ajang terkemuka untuk industri IoT, akan menghadirkan ragam kemutakhiran, antara lain: komputer yang canggih untuk mobilitas terhubung dan terotomatisasi.

Selama 19-20 Februari di Berlin, Bosch akan menunjukkan apa yang mampu dilakukan oleh internet of things saat ini dan solusi apa saja yang dapat mempermudah kehidupan sehari-hari di masa mendatang – termasuk di jalan raya.

Meningkatnya elektrifikasi, otomatisasi, dan konektivitas membuat permintaan perancangan elektronik di kendaraan semakin tinggi. Salah satu kunci kendaraan masa depan terletak pada unit kontrol kendaraan berkinerja tinggi yang baru.

Komputer kendaraan Bosch akan meningkatkan kekuatan komputasi pada kendaraan sebesar 1.000 kali lipat pada awal dekade berikutnya. Bosch telah memproduksi komputer dengan kemampuan ini untuk pengemudian otomatis, powertrain, dan penggabungan sistem infotainment dan fungsi bantuan pengemudi.

Menawarkan solusi “Battery in the Cloud” untuk memperpanjang usia pakai aki di mobil listrik. Fungsi perangkat lunak pintarnya akan menganalisis status aki berdasarkan data real time dari kendaraan dan sekelilingnya.

Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, perangkat lunak kemudian memperhitungkan langkah-langkah yang dapat melawan penuaan sel baterai, seperti proses pengisian ulang daya yang lebih optimal – lewat pengurangan keausan aki.

“Convenience Charging”, solusi pengisian ulang daya dan navigasi terintegrasi dari Bosch, memungkinkan prakiraan jarak yang tepat, perencanaan rute yang melewati stasiun pengisian ulang daya, serta proses pengisian ulang daya dan pembayaran yang nyaman.

Bosch juga menghadirkan mobile fuel cells (sel bahan bakar yang ringan dan mudah dipindahkan) dengan jarak tempuh yang jauh, waktu pengisian daya yang singkat, serta pengoperasian kendaraan yang bebas emisi – berkat kemampuannya mengubah hidrogen dan oksigen menjadi energi listrik.

Bosch berencana mengomersialkan sel bahan bakar ciptaannya itu – yang telah disempurnakan bersama perusahaan Swedia, Powercell. Selain itu, Bosch juga sedang mengembangkan seluruh komponen utama sistem sel bahan bakar ke tahap siap produksi.

Untuk kondisi-kondisi seperti itu, dan situasi darurat lainnya, Bosch menawarkan solusi pelindung dalam wujud “Help Connect”. Solusi konektivitas berupa aplikasi smartphone ini mengirimkan informasi penyelamat kepada layanan darurat melalui pusat-pusat layanan Bosch.

Solusi ini membutuhkan deteksi kecelakaan yang terotomatisasi, misalnya melalui sensor smartphone atau sistem bantuan kendaraan. Untuk itu, Bosch telah menambahkan algoritma tubrukan pintar pada sensor akselerasi di sistem kontrol stabilitas sepeda motor MSC-nya.

Bila sensor mendeteksi adanya kecelakaan, sensor akan langsung melaporkan kejadian tersebut ke aplikasi – yang segera mengatur proses penyelamatan. Setelah terdaftar, solusi untuk penyelamatan nyawa ini dapat diaktifkan kapan dan di mana saja – secara otomatis di piranti terhubung, atau cukup dengan menekan satu tombol.

Komentar pembaca