• 21 Februari 2024 16:08

Inilah Daftar Kecepatan Internet Dari Masing-masing Operator

Inilah Daftar Kecepatan Internet Dari Masing-masing Operator

Lensautama.com – Perusahaan riset jaringan mobile, Open Signal  merilis hasil penelitian terbaru berjudul  terkait kecepatan jaringan Internet dari masing-masing operator di Indonesia.

Riset yang dilakukan di 16 kota besar di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makasar, Medan, Pelembang, Bandar Lampung, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Batam tersebut melibatkan lima operator ternama dari Indonesia seperti :

  • Telkomsel,
  • XL,
  • Indosat Ooredoo,
  • Smartfren dan
  • Hutchinson Tri (3)

Di dalam daftar tersebut, Telkomsel menduduki peringkat pertama sebagai operator yang memiliki speed download dan upload tertinggi yaitu sekitar 9,8 Mbps. Sedangkan XL menduduki peringkat kedua dengan 7,4 Mbps

Urutan ketiga dipegang Tri (3) dengan angka (5,2 Mbps download/ 3,2 Mbps download) lalu Indosat di peringkat keempat (4,8 Mbps download/ 2,5 Mbps upload), dan terkahir Smartfren (4,5 Mbps download/ 1,2 Mbps upload).

Meskipun jaringan Telkomsel menoreh nilai tertinggi soal kecepatan internetnya, raksasa komunikasi ini masih kalah dengan Smartfren jika berurusan ketersedian jaringan 4G. Kini Smartfren sudah sepenuhnya menggunakan jaringan 4G LTE.

Open Signal juga mencatat kecepatan upload speed Telkomsel terjadi penurunan sebesar 1 Mbps dalam waktu 6 bulan terakhir, sementara upload speed Indosat, Smartfren, dan XL naik minimal 0,5 Mbps dalam waktu yang sama.

Teringgi

Telkomsel menjadi operator dengan nilai tertinggi untuk empat dari lima parameter pengukuran yang diujikan, yakni kecepatan download, kecepatan upload, latency, dan pengalaman video.

Kecepatan Download :
  1. Telkomsel : 9,8 Mbps
  2. XL : 7,4 Mbps
  3. Tri : 5,2 Mbps
  4. Indosat : 4,8 Mbps
  5. Smartfren : 4,5 Mbps
Kecepatan Upload
  1. Telkomsel : 3,7 Mbps
  2. XL : 3,4 Mbps
  3. Tri : 3,1 Mbps
  4. Indosat : 2,5 Mbps
  5. Smartfren : 1,2 Mbps

 

By isnawati

Gadis kelahiran tahun 1995 lulusan UNPAM, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya karena tertular sang suami yang menjadi penulis di sebuah media lokal

Komentar pembaca