• 28 Maret 2024 19:11

Wahana Uji Kompetensi Guru SMK

ByYudi Atmaja

Okt 9, 2017

Guna menghasilkan kualitas pendidikan SMK Binaan Astra Honda yang maksimal, seluruh tenaga pengajar wajib ikuti Sertifikasi Guru SMK Teknik Sepeda Motor Binaan Honda yang diadakan Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS). Tidak hanya sekali, seluruh guru mutlak ikut tiga tahap sertifikasi yaitu Bronze, Silver dan Gold.

Berlokasi di Technical Training Center Wahana di Jatake Tangerang, sebanyak 11 guru berasal dari SMK Binaan Honda ikuti uji sertifikasi tahap bronze. Pada ujian ini seluruh guru peserta dapatkan materi uji seperti kelistrikan, sasis, PGM FI, mesin,dan hal umum lain terkait sepeda motor Honda. Berjalan sejak pagi, peserta uji di awasi langsung tim Training Wahana Makmur Sejati.

“Setelah Wahana berikan kurikulum, pembangunan laboratorium Honda, serta sepeda motor untuk praktek kami juga kontrol kualitas guru dengan pengujian sertifikasi yang berjalan setiap tahun,” papar Head of Technical Service FunctionWahana, Taufiqurrohman. Ditambahkannya, seluruh guru dari 54 SMK Binaan Honda yang berada wilayah Jakarta dan Tangerang bergilir dapatkan uji sertifikasi serupa yang diadakan rutin setiap tahun.

Tidak hanya berguna untuk siswa SMK binaan Honda dan guru, langkah ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus diikuti guru dan sekolah untuk menjadikan seluruh SMK menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK). Tempat uji ini merupakan tempat uji bagi lulusan SMK binaan yang tertarik bergabung dengan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang berada di wilayah Jakarta dan Tangerang.

“Jadi setelah dapatkan sertifikasi, seluruh SMK binaan Honda akan menjadi tempat uji kompetensi bagi lulusan yang berminat gabung dengan jaringan AHASS Wahana,” tambah Taufiqurrohman. Link and match menjadi satu program yang dijalankan PT. Astra Honda Motor bekerjasama dengan seluruh main dealer sepeda motor Honda di Indonesia untuk mendidik sekaligus membuka lapangan pekerjaan lulusan SMK binaan Honda.

Sementara itu, Tidak hanya SMK umum yang memiliki jurusan teknik sepeda motor Honda yang mendapatkan kesempatan menjadi sekolah Binaan Honda.Wahana saat ini juga telah berikan kesempatan dengan memberikan laboratorium Honda untuk sekolah luar biasa binaan Lapas anak Tangerang.“ Seluruh SMK bisa dapatkan kesempatan yang sama, bahkan kami juga lakukan pembangunan laboratorium pemberian bantuan sepeda motor Honda untuk praktek, pembinaan, serta kesempatan bekerja bagi sekolah luarbiasa Lapasanak di Tangerang,” tutup Taufiqurrohman. (len/ydi)

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca