• 28 Maret 2024 20:13

Program BBM Satu Harga Dari Pertamina

LensaUtama.com – PT Pertamina (Persero) memaparkan Program satu harganya di Pertamina Pusat. pada kesempatan tersebut, Pertamina menegaskan pelaksanaan program bahan bakar minyak (BBM) satu harga secara nasional sangat tergantung pada ketersediaan infrastruktur. Untuk itu, pemerintah diminta mempercepat ketersediaan infrastruktur guna mendukung program tersebut.

Gigih Wahyu Hari Irianto, Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina, mengatakan penyaluran BBM dalam program BBM satu harga harus melalui berbagai daerah yang struktur wilayahnya sangat sulit dijangkau. Bahkan harus melalui multi moda transportasi, sehingga membutuhkan effort lebih serta sangat bergantung kesiapan infrastruktur.

Peran pemerintah, baik pusat dan daerah sangat dibutuhkan. Apalagi nantinya manfaat dari sisi peningkatan ekonomi bisa dirasakan langsung seiring dengan tersalurkannya BBM.

“Infrastruktur tolong didukung pemerintah daerah. Ini mungkin bisa jadi multiplier effect ke daerah kalau pemerintah bisa mempercepat infrastruktur yang ada itu akan mempermudah buat Pertamina,” kata Gigih di Jakarta.

Program BBM satu harga pada awalnya telah ditetapkan di 148 titik objek penyalur di seluruh wilayah Indonesia. Namun setelah dilakukan konsolidasi ternyata ada beberapa titik yang belum dimasukkan, terutama wilayah kepulauan.
Program BBM satu harga terkadang mengalami perubahan jumlah lokasi, karena setelah ditetapkan pemerintah, Pertamina juga harus melakukan survei terhadap lokasi tersebut.

“Saat survei tersebut dilakukan proses rasionalisasi, mana yang bisa benar-benar diprioritaskan dan dieksekusi,”pungkasnya.

Gigih menambahkan Pertamina akan fokus terhadap mekanisme penyaluran BBM karena yang disalurkan bahan berbahaya sehingga perlu penanganan khusus. Untuk beban biaya operasional, Pertamina optimistis tidak akan merugi dan bisa membahasnya lebih lanjut dengan pemerintah.

“Bagi Pertamina ada beberapa dimensi. Pertama bisa kirim bahan bakar sesuai HSE, baru terkait cost dan lain-lain itu sih bisa didiskusikan, yang penting aspek teknisnya dulu,” ungkap dia.

Saat ini sudah ada 10 wilayah yang sudah terbangun agen premium dan minyak solar (APMS)
Untuk tahun ini pemerintah bersama dengan Pertamina telah menetapkan 54 titik lokasi program BBM satu harga secara nasional. Jumlah tersebut akan terus berkembang hingga 2019 dan total ada 150 lokasi.

Pada tahun ini Pertamina telah menganggarkan sekitar Rp 5 triliun untuk untuk pembangunan lembaga penyalur.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca