• 25 April 2024 14:36

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2017 bersama liputan6

Liputan6.com Mempersembahkan Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2017

Lensautama.com – Liputan6.com untuk yang kedua kalinya menghadirkan suatu penghargaan yang dipersembahkan bagi 6 perempuan hebat Indonesia yang memiliki kontribusi luar biasa di berbagai bidang penting di tanah air. Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 13 April 2017 bertempat di Main Atrium Senayan City Jakarta.

Kesetaraan wanita menjadi suatu hal yang diperjuangkan oleh salah satu tokoh besar wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Liputan6.com menyadari betul bahwa kontribusi besar perempuan pada berbagai lini industri perlu diapresiasi.

Para perempuan hebat ini tidak hanya berprestasi di lingkungan sendiri namun juga mampu berbicara di dunia internasional. Sehingga nama Indonesia makin dikenal lebih banyak negara.
Selain itu mereka juga memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan apa yang telah dilakukannya selama ini.
Keenam penerima anugerah Perempuan Hebat 2017 adalah:

1. Puspa Arum Sari – Atlet Pencak Silat
Ia menjadi salah satu pesilat perempuan terbaik Indonesia ini memenangi Kejuaraan Dunia pada 2016 mengalahkan Vietnam. Ia memulai karirnya sejak usia 10 tahun. Kini ia mengincar tiga ajang penting yang bakal dihadapi dalam dua tahun mendatang, yakni SEA Games 2017, Kejuaraan Dunia 2017, dan Asian Games 2018.

2. Maria Sulistyani – Kesenian Wayang Kontemporer Indonesia
Seniman dari Jogja ini dengan Papermoon Puppet Theater-nya ini pernah tampil di Kennedy Center, AS. Ria, sapaan Maria melalui “wayang”nya ia menceritakan salah satu sejarah kelam Indonesia. Pada 2015 ia juga pernah di tampil di Royal Festival Hall, Southbank, London.

3. Made Tri Ari Penia Krenowati – Peneliti & Pengajar ITB
Sejak kuliah di jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) ia sudah aktif meneliti. Kini aktivitas itu telah menjadi bagian hidupnya. Beberapa penelitian yang telah dan sedang dilakukannya yakni Produksi ‘Green’ Xilitol: Pengolahan Biomassa Limbah Kelapa Sawit secara Terpadu menjadi Bioetanol dan Bahan – Bahan Kimia yang bernilai.

4. Kapten Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri – Pilot Helikopter Tempur Wanita
Fariana yang lahir di Sumatra Barat pada 1982 ini adalah perempuan pertama yang menjadi penerbang helikopter di TNI AU. Berkarir di tengah-tengah dunia laki-laki tak membuat nyalinya surut. Ia bertekad membuktikan diri bahwa perempuan bisa setara dengan laki-laki.

5. Helga Angelina Tjahjadi – Start Up Burgreens
Meski bergerak dalam dunia Food and Beverages, bisnis restoran yang dijalaninya masuk dalam konsep wirausaha sosial. Selain menjual makanan sehat, Helga juga memiliki cita-cita besar untuk bisa memberdayakan petani lokal dan wanita dalam produksinya. .

6. Sophia Hage – Dokter Kesehatan Olahraga & Pendiri Yayasan Lentera Sintas Indonesia
Selain aktif sebagai dokter, perempuan ini juga sangat peduli pada korban kejahatan seksual. Ia mendirikan sebuah organisasi yang melaksanakan kelompok dukungan dan advokasi bagi penyintas kekerasan seksual serta mengedukasi masyarakat terkait isu tersebut bernama Yayasan Lentera Sintas.

Acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise yang akan memberikan penghargaan. Hadir pula Pianis tersohor Indonesia yang sudah mendunia Ananda Sukarlan. Ajang pemberian penghargaan ini juga dapat dinikmati secara Live Streaming di Liputan6.com

“Anugerah Perempuan Hebat Indonesia menjadi suatu ajang pembuktian kesetaraan gender yang semakin nyata di tahun 2017. Para perempuan Indonesia mampu melampaui batasan gender dalam pemilihan profesi dan keahlian mereka, dan menjadi seseorang yang berpengaruh di masing-masing bidang yang mereka tekuni”, tutur Karaniya Dharmasaputra selaku Direktur Utama PT. Liputan Enam Dot Com di sela-sela acara penganugerahan ini.

Emansipasi wanita di Indonesia menunjukkan wujud yang lebih nyata pada era milenial seperti saat ini. Liputan6.com percaya bahwa wanita memiliki peranan amat penting bagi kemajuan suatu bangsa dan liputan6.com percaya bahwa dengan penganugerahan perempuan hebat Indonesia ini akan semakin membangkitkan semangat dan prestasi lebih banyak lagi perempuan-perempuan hebat di Indonesia dan masyarakat luas bisa terinspirasi untuk lebih bersemangat mewujudkan cita-cita Kartini dalam karirnya.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca