• 14 Juni 2024 21:34

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Kawal Putaran Kedua, Relawan Ahok-Djarot Kerahkan 1200 Tim Reaksi Cepat

LensaUtama.com – Pemilihan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta putaran kedua tinggal menghitung hari. Masing-masing kubu dari tiap pasangan calon tengah melakukan berbagai persiapan guna mensukseskan penyelenggaraan Pilgub putaran kedua pada 19 April nanti.

TIdak terkecuali dengan kubu Ahok – Djarot pasangan no urut 2 pada jumat (14/4/17) melakukan deklarasi Tim Reaksi Cepat (TRC) yang bertempat di Pasar Baru Mansion, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Relawan Ahok – Djarot yang tergabung dalam Best Friend Ahok (BesHok) ini membentuk tim tersebut sebagai bentuk dukungan dalam mensukseskan Pilgub putaran kedua.

TRC sudah ada sejak putaran pertama berlangsung, yang memilikk tugas membantu masyarakat yang ingin melakukan pemungutan suara. Seperti yang dikatakan Jodi Andre sebagai ketua BesHok bahwa Tim Reaksi Cepat berfungsi membantu masyarakat yang bermasalah saat pencoblosan juga mengawal jalannya Pilkada.

“Seperti pada putaran pertama, TRC disebar ke beberapa TPS  dimana mereka berdomisili. Ketika di TPS ada warga yang mempunyai hal pilih tapi dipersulit, mereka (TRC) bisa langsung membantu warga tersebut agar bisa memilih sebagaimana mestinya, jadi TRC berperan untuk menjaga, mengamankan dan mensukseskan,” jelas Jodi.

Jodi menambahkan “karena tim berjumlah 1200 orang dan jumlah TPS di 1 wilayah DKI Jakarta saja ada sebanyak 5000 TPS, maka satu orang harus bisa melayani beberapa TPS”.

Selain membantu masyarakat yang mendapat masalah saat di TPS, Tim Reaksi Cepat juga bertugas untuk mengawal pelaksanaan Pilgub dari mulai pemungutan suara sampai penghitungan suara di TPS sampai ke KPUD.

Acara deklarasi Tim Reaksi Cepat tersebut diisi oleh penjelasan kepada tim yang akan bertugas nanti dan juga diisi dengan berbagai hiburan. Pendeklarasian tersebut dihadiri oleh banyak relawan juga tim sukses, ada hampir seribu lebih relawan yang hadir. Mereka datang dengan menggunakan seragam kebesaran mereka yaitu kotak-kotak.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca