Jendela Otomotif Indonesia

Review Suzuki GSX-S150 Saudaranya GSX-R150

0

LensaUtama.com – Ketika masyarakat di jejali dengan keunggulan serta teknologi terbaru dari suzuki GSX-R150, Rupanya Suzuki juga turut mengeluarkan versi naked nya yaitu Suzuki GSX-S150. Peluncuran produk terbarunya ini didasarkan sebagai bentuk respon Suzuki atas kebutuhan pasar yang banyak menginginkan motor bergaya naked sport bike.

Suzuki GSX S150 ini pun juga diklaim sebagai produk turunan dari GSX R150. Bedanya, untuk versi Suzuki GSX S150 ini tidak dilengkapi dengan full bodi fairing.

Dengan hadirnya versi naked dari keluarga GSX ini, tentu menjadi pilihan bagi masyarakat yang tidak menyukai model full pairing.Sebagai motor yang bergaya naked sport bike, pastinya Suzuki selaku produsennya akan membekali Suzuki GSX S150 ini dengan desain menarik dan spesifikasi yang sangat mumpuni di kelasnya. Dari segi desain terlihat Suzuki GSX S150 ini memiliki tampilan gahar yang begitu sporty dan memperlihatkan kesan naked sport bike yang begitu kental pada setiap sisi dari bodinya tersebut.

Tampilan dari spesifikasi Suzuki GSX S150 ini hadir dengan membawa ciri khas sport naked bike yang begitu kentara pada setiap sisi bodinya. Pada bagian depan tersemat single headlamp yang sudah dilengkapi dengan lampu LED sehingga membantu pengendara dalam memberikan penerangan di jalan yang sepi dan minim penerangan lampu kota. Juga lampu sein yang terpasang diatasnya ditambah sebuah visor kecil di bagian headlamp membuat tampilan menjadi lebih sporty

Bagian bodi samping ditambahkan shroud berdesain boomerang lengkap bersama logo Suzuki di bagian atas. Sementara di sisi lain, tampak jelas juga bahwa ada beberapa sedikit lekukan lembut yang bercampur nada garis tegas yang memanjang sampai ke arah belakang yang membuat Suzuki GSX S150 ini menjadi tampak elegan dan sporty.

Motor GSX-S150 yang mampu menampung 11 liter bahan bakar yang tersimpan ditangki, desain tangkinya pun dibuat dinamis dengan aksen lekukan oval disampingnya.

Bagian belakang dari motor ini mulai dari tempat duduk, stop lamp dan tail light beserta lampu sein elegan menyerupai saudaranya GSX-R150.

Untuk posisi riding Suzuki GSX S150, menyesuaikan konsep street fighter, pada bagian kemudi dilengkapi dengan handle bar berukuran panjang dan diposisikan lebih tinggi dari tangki dan tempat duduk. Hal ini tentu membuat pengendara tidak cepat lelah saat mengemudikan dalam jarak jauh.

Pihak Suzuki membenamkan sebuah panel indikator dengan tipe speedometer full digital yang diklaim akan menampilkan informasi dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi dalam menunjukkan keadaan motor.

Pada panel indikator instrumen yang diusung Suzuki GSX S150 ini menampilkan 3 bagian informasi dengan 1 layar digital di tengahnya. Untuk bagian kanan dan kiri sendiri menampilkan indikator lampu sein, lampu netral, lampu jarak jauh, rpm, dan indikator bahan bakar. Sementara itu, pada panel indikator Suzuki GSX S150 bagian tengahnya memberikan informasi mengenai kecepatan, tachometer, posisi gigi, indikator bahan bakar, dan waktu.

Untuk dimensi dari motor garapan Suzuki ini akan mengandalkan tipe rangka Single Cradle yang dikenal cukup kuat dan kokoh di mana dimensinya memiliki panjang 1.975 mm, lebar 674 mm, dan tinggi keseluruhan mencapai 1.070 mm. Sedangkan untuk ukuran wheelbase sendiri mencapai 1.300 mm.

Dengan melihat dimensi tersebut maka diketahui bahwa Suzuki GSX S150 ini memang memiliki bentuk bodi yang cukup bongsor dan besar. Apalagi ditambah dengan bobotnya yang lebih berat 1 Kg dari GSX R150, yaitu 127 Kg. Di sisi lain, Suzuki GSX S150 ini juga memiliki tempat duduk seinggi 785 mm yang dinilai cukup standar dan sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia sehingga akan mempermudah mereka dalam mengontrol big bike ini dengan mudah tanpa perlu jinjit, terutama ketika berhenti di rambu lalu lintas.Suspensi bagian depan turut disematkan suspensi dengan tipe Telescopic Fork, sedangkan untuk bagian belakang disematkan suspensi tipe Monoshock. Kedua suspensi tersebut diklaim akan mampu menahan dan meredam setiap goncangan ketika melewati jalanan bergeronjal atau penuh lubang sehingga akan memberikan kenyamanan kepada pengemudi Suzuki GSX S150 maupun penumpangnya saat berkendara.

Di sisi lain, untuk menopang suspensi tersebut maka Suzuki GSX S150 dilengkapi pula dengan velg tipe Alloy berukuran 2,15 inci pada bagian depan dan 3,5 inci untuk bagian belakangnya. Kedua velg tersebut akan dibalut dengan ban jenis tubeless. Sedangkan ntuk ban, bagian depannya akan mengandalkan ban berukuran 90/80-17. Sementara itu, untuk ban belakang akan menggunakan ban berukuran 130/70-17.

Suzuki GSX-S150 mengandalkan sistem pengereman petal Disc yang cukup mampu mengontrol atau menghentikan laju kendaraan secara lebih optimal. Namun, dengan belum tersedianya teknologi ABS pada Suzuki GSX S150 ini maka pengendara pun harus lebih hati-hati sewaktu melakukan pengereman, karena kemungkinan besar roda akan terkunci sewaktu melakukan pengereman secara mendadak.

Sektor dapur pacu ini, GSX-S150 akan mengandalkan tipe mesin DOHC silinder tunggal 4 langkah berkapasitas 147cc dan berpendingin cair. Suzuki GSX S150 di klaim mampu menghasilkan tenaga mencapai daya maksimum 19,17 Hp setiap putaran 10.500 rpm dan mampu mencapai torsi puncak hingga 14,0 Nm setiap putaran ke 9.000 rpm.

Semburan mesin Suzuki GSX S150 itu sendiri disalurkan melalui sebuah sistem transmisi manual 6 percepatan. Menggunakan sistem pembakaran fuel injection dengan perbandingan kompresi 9.0 : 1 akan membuat naked ini lebih irit dan efisien dalam penggunaan bahan bakar. Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa spesifikasi Suzuki GSX S150 pada sektor mesin pacunya bisa dikatakan cukup poweful!Sementara itu beberapa fitur juga turut disematkan Suzuki untuk menunjang kenyamanan pengendaranya. Suzuki juga menyematkan fitur Easy Start System di mana memiliki kegunaan untuk memudahkan dalam menyalakan mesin Suzuki GSX S150 melalui starter. Cukup tekan satu kali start maka starter akan berusaha menghidupkan mesin. Fitur yang disematkan pada Suzuki GSX S150 ini sendiri merupakan turunan dari teknologi big bike Suzuki.

lihat juga video suzuki GSX-S150

Komentar pembaca