• 16 Juli 2024 22:36

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Bimtek KPPS Pemilu 2024, Apa Saja yang Harus Dipelajari

Pemilu 2024

Jakarta – KPPS Pemilu 2024 harus menjalani Bimbingan Teknis atau Bimtek setelah pelantikan. KPU menjadwalkan pelantikan KPPS pada 26 Januari 2024.

Pemilihan Umum 2024 akan segera digelar pada 14 Februari 2024. Sebagai penyelenggara pemungutan suara di tingkat terbawah, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memiliki peran yang sangat penting dalam menjamin berlangsungnya pemilu yang demokratis, jujur, dan adil.

Untuk itu, KPPS harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi KPPS adalah dengan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bimtek KPPS adalah pelatihan mengenai hal-hal teknis dalam kerja-kerja KPPS, mulai dari persiapan TPS, pencoblosan, hingga penghitungan suara.

Bimtek KPPS juga bertujuan untuk memberikan edukasi terkait proses pemilih sebelum masuk dan sesudah keluar dari bilik suara, serta menyikapi kasus-kasus yang rawan terjadi di Pemilu 2024.

Bimtek KPPS akan dilaksanakan sehari setelah pelantikan, yaitu pada 26 Januari 2024 yang di selenggarakan di Tuscany BSD. Bimtek KPPS akan berisi pemaparan materi dan simulasi di lapangan.

Simulasi Bimtek akan menggambarkan situasi nyata di TPS, seperti cara menerima dan memeriksa identitas pemilih, cara mengisi daftar hadir pemilih, cara memberikan surat suara kepada pemilih, cara mengawasi pemilih di bilik suara, cara menghitung surat suara, cara mengisi formulir C1, dan cara menyerahkan hasil penghitungan suara ke PPS.

Dengan mengikuti Bimtek KPPS, diharapkan anggota KPPS dapat memahami dan melaksanakan tugasnya dengan baik, profesional, akuntabel, transparan, dan tidak memihak.

Bimtek KPPS juga dapat meningkatkan kualitas kelayanan kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS. Selain itu, Bimtek KPPS juga dapat meningkatkan integritas dan kredibilitas KPPS sebagai penyelenggara pemungutan suara yang berperan dalam mewujudkan kedaulatan pemilih.

Untuk menjalankan tugasnya, para anggota kelompok tersebut harus mengikuti BIMTEK KPPS Pemilu 2024. BIMTEK merupakan singkatan dari Bimbingan Teknis. Dalam kegiatan ini, seluruh anggota KPPS akan mendapatkan pelatihan mengenai tugas-tugas yang harus dilakukan.

Tujuan dari diadakannya BIMTEK adalah agar seluruh anggota KPPS memahami seperti apa alur Pemilu hingga perannya di dalam acara tersebut. Dengan demikian, Pemilu bisa berjalan sesuai asas dan peraturan yang berlaku. Hal ini bisa membantu terpilihnya pejabat pemerintahan dengan adil.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca