• 21 Februari 2024 23:25
FORWOT Cars

Jakarta – Sempat vakum selama tiga tahun, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menggelar FORWOT Cars dan Motorcycle of the Year 2023 pada Jumat (22/13/2023).

Menariknya tahun ini ada penambahan kategori. Di mana ada pemisahan kendaraan berpenggerak elektrifikasi seperti mobil dan motor listrik. Lalu mobil hybrid dan tak ketinggalan mobil dan motor berbahan bakar minyak (ICE).

Pemisahan kategori ini sesuai dengan dinamika perkembangan industri otomotif Indonesia yang mulai marak diisi produk elektrifikasi. Hasilnya FORWOT menyaring 25 mobil finalis dari 3 kategori dan 10 sepeda motor finalis dari 2 kategori.

 

FORWOT Cars
FORWOT Cars dan Motorcycle of the Year 2023, Kini Pisahkan Kendaraan Listrik dan BBM (Foto:Dok)

 

Parameter penjuriannya tetap sama. Setiap juri memberikan penilaian berdasarkan Desain, Kenyamanan, Keselamatan, Performa, Handling, Fungsionalitas, Pengalaman Berkendara serta Harga.

Para pemenang dari masing-masing kategori pun diumumkan. Mulai dari gelar FORWOT Cars of the Year 2023 kategori Mobil Mesin Pembakaran Internal (Internal Combustion Engine) yang direbut oleh Chery Omoda 5.

Lalu ada kategory mobil hybrid yang mengombinasikan mesin bakar dan sistem listrik yang dimenangkan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid.

Serta ada Wuling Air ev sebagai jawara kategori Mobil Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

“Dengan adanya penetapan mobil-mobil terbaik versi FORWOT, diharapkan akan memacu dan dapat menjadi pendorong industri otomotif Indonesia dalam memberikan produk-produk berkualitas baik bagi para konsumen dalam negeri maupun mancanegara,” ungkap Ketua Dewan Juri Forwot Cars of The Year 2023, Mufrod.

Sedangkan kelas sepeda motor dipisah dalam dua kategori, yakni ICE dan motor listrik.

Pada FORWOT Motorcycle of the Year 2023 kategori ICE diraih oleh Yamaha XMAX Connected. Sedangkan kategori motor listrik dimenangkan oleh Alva Cervo.

“Seluruh juri yang terlibat dalam FORWOT Motorcycles of the Year 2023 merupakan jurnalis-jurnalis berpengalaman, sehingga penilaian yang dilakukan benar-benar objektif,” kata Ketua Dewan Juri FORWOT Motorcycles of the Year 2023, Ainto Harry Budiawan. #ilham

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca