• 22 Februari 2024 15:43

Sekolah SMPN 4 Leuwiliang Diberi Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dari KLHK

SMPN 4 Leuwiliang

Sekolah SMPN 4 Leuwiliang Diberi Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dari KLHK

Jakarta – SDN 2 Widoro, Kabupaten Pacitan dan SMPN 4 Leuwiliang, Kabupaten Bogor sekolah binaan Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – (YPA-MDR) berhasil memenuhi kriteria sebagai “Sekolah Adiwiyata Nasional” dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti pada Selasa, 17 Oktober 2023.

SDN 2 Widoro dan SMPN 4 Leuwiliang termasuk dalam 417 Sekolah Adiwiyata Nasional 2023, yaitu tingkat kedua tertinggi setelah Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Penghargaan “Sekolah Adiwiyata” diberikan kepada sekolah-sekolah yang dianggap oleh KLHK sukses menyelenggarakan pendidikan lingkungan hidup sesuai yang tertulis dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 05/2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

KLHK bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga sekolah terhadap lingkungan sehingga timbulnya inisiatif dalam merawat lingkungan sekitarnya melalui peraturan tersebut.

Kepala Sekolah SDN 2 Widoro, Tri Wahono, S.Pd., dan Kepala Sekolah SMPN 4 Leuwiliang, Dra. Juwariyah, M.Pd., sebagai perwakilan sekolah binaan YPA-MDR bergegas ke panggung dengan bangga untuk menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional yang mereka capai berkat kerja keras dalam ketekunan belajar dan mengedukasi para siswa untuk peduli pada lingkungan alam demi masa depan yang berkelanjutan.

Gerakan PBLHS merupakan upaya untuk memperluas wawasan, meningkatkan keterampilan, sikap, dan aksi kepedulian terhadap lingkungan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang.

Program ini ditujukan sebagai bekal bagi sekolah-sekolah binaan YPA-MDR untuk menjadi Sekolah Adiwiyata. Kegiatan yang dilakukan mencakup pengelolaan sampah, konservasi air, penghijauan,konservasi energi, dan lain-lain.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca