• 22 Februari 2024 14:06
MotoGP Mandalika 2023Persiapan Ajang Balap Bergengsi, MotoGP Mandalika 2023 (Foto: kompas)

Jakarta – Indonesia kembali menjadi salah satu negara tuan rumah persiapan jang balap bergengsi internasional MotoGP musim 2023. Untuk kedua kalinya Pertamina Mandalika International Circuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB, akan menjamu IndonesianGP pada 13–15 Oktober 2023.

IndonesianGP akan menjadi seri ke-15 dari 20 seri yang dijadwalkan pada musim ini, yang akan mempertandingkan tiga kelas yaitu Moto2, Moto3 dan MotoGP.

Bambang Soesatyo Ketua Umum IMI menyampaikan, MotoGP ini merupakan satu olahraga yang paling bergengsi di dunia, dan kita patut mendukungnya, patut mensosialisasikannya, dan kita harus hadir semua kesana sebagai bentuk dukungan kita sebagai anak bangsa, bahwa kita mampu mengadakan pertunjukan perlombaan otomotif kelas dunia.

“Kami menyelenggarakan brand gathering hari ini untuk menggalang dukungan bagi penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023. Sebagai promotor event, MGPA memiliki tanggung jawab besar dalam melaksanakan ajang balap bergengsi ini” ujar Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA.

“Kami bersinergi dengan Dyandra&co. untuk menyuguhkan rangkaian MotoGP menjadi sebuah atraksi yang menarik, bukan hanya aspek race namun juga non-race, yang akan memberikan multiplier effect bagi berbagai pihak” tambahnya

“Komitmen ini kami berikan untuk memperkuat ikon The Mandalika sebagai sport tourism di NTB. Penyelenggaraan MotoGP di KEK Mandalika membawa peluang besar bagi NTB dan juga bangsa Indonesia untuk membuktikan kesiapan sebagai tuan rumah event balap motor internasional yang bergengsi dan spektakuler” ungkap Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka

Untuk mendukung kesiapan kawasan The Mandalika menyambut penyelenggaraan MOTOGP 2023, ITDC telah melakukan kesiapan infrastruktur dasar kawasan seperti; Akses Jalan Kawasan, Trotoar, Penerangan Jalan Umum (PJU), Area Parkir, Jaringan Utilitas (listrik, air bersih dan internet), Bazaar The Mandalika yang menjadi area Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), traffic management, sistem pengamanan, manajemen pemadam kebakaran, penanganan sosial dan pengendali satwa, hingga waste management dan penyediaan transportasi kawasan.

“Kami menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa dalam destinasi ini. Dampak positif yang dihasilkan oleh MotoGP tidak terbatas pada satu sektor saja, tetapi berbagai industri yang berdampak langsung pada perekonomian lokal” kata Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra & Co.

“Kami juga memahami pentingnya elemen hiburan dan kenyamanan dalam sebuah event balap, kami akan mengelola acara pendukung tambahan di sekitar arena balap, seperti test ride area, entertainmentstage dan food & beverages area” jelasnya

“Kami ucapkan terima kasih yang mendalam atas segala dukungan yang telah dan akan diberikan dalam penyelenggaraan MotoGP Indonesia kali ini. Keberhasilan acara ini tidak mungkin tercapai tanpa peran serta berbagai pihak. Mari jadikan IndonesianGP sebagai event kebanggaan Indonesia, yang akan memperkenalkan pariwisata Indonesia secara lebih luas kepada dunia” pangkas Priandhi.

By Yanto

Komentar pembaca